Breaking News:

Instruktur Kepelatihan

Emral Abus 'Guru Besar' Sepak Bola Indonesia Berikan Arahan Kepada Pemain Jirex's Football Academy

Emral sering dijadikan instruktur oleh PSSI,Sepanjang kariernya sebagai instruktur pelatih telah melahirkan banyak pelatih sepak bola di Indonesia

Penulis: Rafzanjani Simanjorang | Editor: Umar Widodo
Warta Kota/Rafzanjani Simanjorang
Instruktur pelatih berlisensi AFC, Emral Abus memberikan pembekalan kepada skuad Jirex's Football Academy 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Nama Emral Abus, mungkin tidak terlalu dikenal sebagai pelatih sepak bola. Padahal pria kelahiran Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, Sumatera Barat dikenal sebagai instruktur pelatih sepak bola Indonesia.

Tak jarang pula orang menyebutnya sebagai 'Guru Besar'. Di dunia sepak bola Indonesia, dirinya kerap menolong klub-klub yang bertanding di level Asia, yang mana pelatih kepala di klub tersebut tidak punya lisensi Pro, seperti yang dikantonginya.

Sebut saja tim sebesar Persib Bandung dan Bali United yang pernah menggunakan jasanya sebagai pelatih kepala saat ikut penyisihan grup di Liga Champions Asia.

Emral Abus
Emral Abus (Bola.net)

Karena lisensi yang dimilikinya maka Emral sering dijadikan instruktur oleh PSSI. Sepanjang kariernya sebagai instruktur pelatih, Emral telah melahirkan banyak pelatih sepak bola di Indonesia. 

Seperti Djadjang Nurdjaman, Indra Sjafri, Aji Santoso, Nil Maizar, Salahudin, Jafri Sastra, Kas Hartadi, dan yang lainnya. Ia juga merupakan salah satu Instruktur berlisensi AFC di Indonesia

Kali ini, giliran skuad Jirex's Football Academy yang mendapatkan suntikan semangat dari sang 'Guru Besar'.

"Menjadi pesepak bola itu harus disiplin dalam berlatih serta menjaga diri, baik pola makan, istirahat maupun pergaulan. Dalam sepak bola, penting untuk tidak melakukan kesalahan," katanya saat memberikan arahan kepada pemain Jirex's di mes Pemain, Larangan, Tangerang.

Emral menjelaskan, saat di lapangan pemain harus pintar dalam mengambil keputusan.

Namun, bukan perkara mudah. Emral menyebutkan, pengambilan keputusan diperoleh jika pemain serius saat berlatih dan mampu menjalankan instruksi pelatih.

Emral lantas menyebutkan, tidak ada hal yang tidak mungkin bagi pesepak bola muda untuk meraih sukses kelak, jika disiplin sejak saat ini.

"Disiplin, komitmen, dan fokus. Berlatih dan berlatih dengan giat, niscaya akan berhasil," terangnya di hadapan puluhan pemain muda Jirex's. 

Profil

Nama lengkap: Emral Abus
Tanggal lahir: 20 Desember 1958 (umur 62)
Tempat lahir: Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, Sumatra Barat

Karier Kepelatihan:
          PSP Padang
          PPLP Sepak Bola Padang
          PPLP Sepak Bola Padang (asisten pelatih)
2001 PSPS Pekanbaru (pelatih fisik)
2003 PSDS Deli Serdang (pelatih fisik)
2005 PSPS Pekanbaru (direktur teknik)
          PORDA Pessel
2015 Persib Bandung (pendamping pelatih)

2020 Bali United (pendamping pelatih)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved