Breaking News:

Berita Jakarta

Pohon Mahoni Depan Markas Kopassus Tersambar Petir, Petugas Evakuasi Pohon Tumbang Tengah Malam

Pohon Mahoni Depan Markas Kopassus Tersambar Petir,Petugas Evakuasi Pohon Tumbang Tengah Malam. Evakusi segera dilakukan lanatran pohon menutupi jalan

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Evakuasi pohon tumbang di Jalan RA Fadillah, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2021) tumbang akibat cuaca ekstrem usai tersambar petir.  

WARTAKOTALIVE.COM, PASAR REBO - Sebuah pohon mahoni berukuran besar di Jalan RA Fadillah, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur tersambar petir pada Selasa (5/1/2021) malam.

Pohon yang berada persis di depan Markas Kopassus itu pun tumbang hingga menutupi jalan.

Terkait hal tersebut, Kasi Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman segera menerjunkan anggotanya ke lokasi kejadian.

Walau waktu sudah menunjukkan pukul 23.55 WIB dan disertai rintikan hujan, enam orang petugas tetap mengevakuasi pohon.

"Pada saat hujan deras pohon tersambar petir sehingga tumbang lalu batangnya menutupi jalan," kata Gatot, Rabu (6/1/2021).

Menyikapi hal tersebut, enam petugas damkar dikerahkan untuk mengevakuasi batang pohon jenis mahoni dengan tinggi sekitar tujuh meter dan diameter 30 sentimeter yang tutupi jalan.

“Karena lokasi kejadian depan Sektor 10 Damkar Pasar Rebo jadi anggota bisa cepat melakukan penanganan,” ucap Gatot. 

Baca juga: Percepat Realiasi Pembangunan, Sekda Kabupaten Bekasi Minta OPD Segera Selesaikan DPA Minggu Ini

Beruntung pada saat kejadian, tidak ada korban jiwa maupun luka yang tertimpa pohon mahoni yang tumbang akibat sambaran petir tersebut. 

"Kita selesai penanganan (Rabu) pukul 00.50 WIB, setelah evakuasi jalan kembali bisa dilalui," ujarnya.

Baca juga: Waspada Ular di Musim Penghujan, Ular Sanca Sepanjang 2,5 Meter Ditemukan Berkeliaran di Kebon Jeruk

Sementara itu sepanjang bulan Januari hingga November 2020 jajaran Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Timur melakukan evakuasi terhadap 23 pohon tumbang.

Adapun masyarakat yang ingin melaporkan kebakaran maupun permintaan evakuasi bisa menghubungi melalui WhatsApp dengan nomor​​ +628119197113.

"Bisa juga melapor ke 112, 021​ 8590 4904, atau 021​ 858 2150​ yang semuanya siaga 24 jam. Ada juga aplikasi Go-Damkar yang bisa diunduh gratis di Play Store untuk mudahkan warga," ucapnya. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved