Breaking News:

eSports

Penelitian Menunjukkan Atlet Esports Lebih Sehat dari Masyarakat Umum

Penelitian yang dilakukan Queensland University of Technology, Australia, menunjukkan fisik atlet eSports lebih sehat dibanding masyarakat umum.

Penulis: Merdi Iskandar | Editor: Merdi Iskandar
Twitter
Michael Trotter, Psychology Researcher and Sessional Academic di Queensland University of Technology, Australia. Menurut penelitiannya, fisik atlet eSports lebih baik dibanding masyarakat umum. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sudah banyak survei dan laporan yang menunjukkan hubungan obesitas (kegemukan) dengan video game, akibat kurangnya aktivitas fisik pemain video game.

Namun, sebuah penelitian baru yang dilakukan Queensland University of Technology (QUT), Australia, menunjukkan atlet eSports lebih sehat ketimbang masyarakat umum.

Hasil survei yang dilakukan oleh QUT itu sangat mengejutkan, karena selama ini gambaran masyarakat tentang atlet eSports adalah orang dengan fisik yang tidak sehat, akibat terlalu sering bermain video game dan tidak pernah olahraga.

Di dalam benak masyarakat, atlet eSports adalah penggila game dan stereotip itu sangat melekat kepada mereka.

Pada praktiknya, atlet eSports sama seperti atlet lainnya, mereka harus menjalankan gaya hidup sehat, agar bisa fokus sepanjang turnamen atau kompetisi.

Survei yang dilakukan QUT tersebut menunjukkan bahwa video game tidak membahayakan fisik pemainnya, karena 21 persen dari atlet eSports yang mereka teliti lebih sehat ketimbang manusia pada umumnya.

Survei ini dilakukan terhadap 1.400 partisipan dari 65 negara berbeda.

Hasilnya menunjukkan bahwa atlet olahraga elektronik ini lebih sehat 9-21 persen dalam hal berat badan.

Menurut laporan tersebut juga menunjukkan bahwa hanya sedikit atlet eSports papan yang merokok dan mereka juga mampu menahan diri untuk tidak mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan.

Laporan tersebut secara eksplisit didasarkan kepada atlet eSports, bukan pemain video game yang tidak mengenal waktu saat bermain, sehingga tidak pernah beranjak dari gadget.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved