Breaking News:

Kecelakaan

Pendaki Gunung Rinjani Tewas Tergelincir ke Jurang di Jalur Senaru, Tepat pada Hari Ulang Tahunnya

Seorang pendaki asal Surabaya tewas di Gunung Rinjani karena tergelincir ke jurang di jalur Senaru, tepat pada hari ulang tahunnya ke-26.

(KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT)
Gunung Rinjani.Danau Segara Anak dilhat dari puncak Gunung Rinjani di ketinggian 3.726 m. Rinjani merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus hingga melumpuhkan dunia pada tahun 1257. Superletusan mengakibatkan terbentuknya kaldera dan Danau Segara Anak. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Seorang pendaki asal Surabaya yang hendak merayakan Tahun Baru sekaligus ulang tahunnya di Gunung Rinjani (3.726m) tewas tergelincir ke jurang di jalur Senaru.

Muhammad Fuad Hasan (26), pendaki asal Sawah Pulo Wetan, Desa Ujung, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, meninggal dunia setelah terjatuh ke jurang sedalam 100 meter di jalur pendakian Senaru, Lombok Utara, Jumat (1/12/2021).

Fuad diketahui hendak mendaki Gunung Rinjani untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-26. 

"Kita memang sudah rencanakan mendaki Rinjani, tahun baruan dan ulang tahun dia juga tanggal 1 Januari kemarin. Kami sama-sama ada keinginan ke Rinjani," kata Muhammad Azizi Aji (19), rekan korban kepada Kompas.com, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Minggu (3/12/2021) malam.

Baca juga: Saat Survei Tiba-tiba Air Bah Datang, Dua Mahasiswa Unram Tewas di Taman Nasional Gunung Rinjani

Aji mengatakan, mereka datang ke Lombok mengunakan kapal dan naik sepeda motor dari Surabaya.

Mereka bermalam di rumah kawan dan akhirnya menuju Gunung Rinjani pada Kamis (31/12/2020) melalui jalur pendakian Senaru.

"Saya naik hanya berdua dari Surabaya tanggal 31 Desember sekitar pukul 10.30 WITA. Perjalanan kami lancar tiba di pos 1 dan pos 2," tutur Aji.

Di pos 2 mereka bertemu rombongan pendaki asal Bima-NTB, dan kemudian ikut bersama rombongan karena baru pertama kali mendaki Rinjani.

Baca juga: BREAKING NEWS: Gempa 7.0 SR di Lombok Disertai Suara Gemuruh Dari Longsoran Gunung Rinjani

Namun, ketika tiba di pos 3, Fiad dan Aji bertemu pendaki asal Bekasi yang baru turun.

Pendaki tersebut memperingatkan semua rombongan untuk mengurungkan niat mendaki Rinjani dan menuju danau karena kondisi jalur ekstrem.

Halaman
1234
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved