Liga 1

Nazar Akhir Tahun Lunas, Bek Kanan Persita Muhammad Toha Kembali Memancing

Bek kanan Persita Tangerang, Muhammad Toha, pernah bernazar akan kembali memancing setelah selamat dari serangan badai di laut 2020 lalu.

istimewa
Bek kanan Persita Tangerang, Muhammad Toha (dua dari kiri), saat memancing bersama teman-temannya. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Bek kanan Persita Tangerang, Muhammad Toha, pernah bernazar akan kembali memancing setelah selamat dari serangan badai di laut 2020 lalu.

Bagi sebagian orang, keyakinan masyarakat setempat akan sesuatu yang kerap dianggap mistis tetap dipercayai. 

Meski sulit untuk dibuktikan secara science, namun kepercayaan yang diturunkan sejak turun temurun ini sering diakui kebenarannya.

Muhammad Toha sempat bernazar kala memasuki minggu terakhir tahun 2020.

Muhammad Toha bernazar tak melaut lagi hingga akhir tahun 2020, seusai ia beserta tiga rekannya selamat dari badai kala memancing di laut.

"Itu nazar khusus di Desember, dimana saya tidak melaut lagi hingga akhir tahun 2020. Saya pun melunasinya dan sekarang sudah berani memancing," kata Muhammad Toha kepada Warta Kota, Selasa (5/1/2021).

Pemain asal Bontang, Kalimantan Timur, itu memenuhi nazar tidak melaut hingga akhir tahun 2020, sebab dia meyakini kepercayaan masyarakat setempat.

Masyarakat setempat percaya bahwa di akhir tahun, laut sering meminta tumbal.

Dan apa yang telah dilaluinya sulit untuk dilupakan, hingga sebuah nazar keluar dari mulutnya. 

Suasana mencekam di laut, mulai dari hujan deras, petir, angin kencang, dan ombak besar menerjang perahu kecil dirinya beserta rekannya kala memancing di Desember 2020.

Itu merupakan badai pertama yang ia temui saat memancing.

Penampakam kiri-kanan yang terlihat putih, jarak pandang yang tidak tampak, bahkan atap kapal yang hampir lepas, hingga akhirnya selamat menepi kesebuah pulau bak sebuah anugerah.

Masuk ke tahun 2021, artinya tahun yang baru, laut pun dipercaya telah tenang tak seganas di akhir tahun lalu.

"Lalu, saya sudah melaut pada Sabtu (2/1/2021). Kondisinya telah aman. Memang kepercayaan di masyarakat, akhir tahun itu berbahaya jika memancing ke laut," ujar Muhammad Toha.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved