Breaking News:

Ambil Bansos Tunai di Kantor Pos atau Kantor Kelurahan Wajib Bawa Surat Pemberitahuan Berisi QR Code

Surat tersebut disertai dengan QR Code sebagai bukti bahwa KPM benar-benar terdaftar sebagai penerima bansos tunai.

pexels
(Ilustrasi QR Code)Ketua Tim Pelaksana Satgas PT Pos Indonesia, Haris Husein menjelaskan keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak menerima bantuan sosial tunai (BST) nantinya akan menerima surat pemberitahuan. Surat tersebut disertai dengan QR Code sebagai bukti bahwa KPM benar-benar terdaftar sebagai penerima BST. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Tim Pelaksana Satgas PT Pos Indonesia, Haris Husein menjelaskan keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak menerima bantuan sosial tunai (BST) nantinya akan menerima surat pemberitahuan.

Surat tersebut disertai dengan QR Code sebagai bukti bahwa KPM benar-benar terdaftar sebagai penerima BST.

"Pemberitahuan itu kita cetak kepada penerima bahwa bapak ibu dapat BST. Surat pemberitahuan itu ada QR code-nya," ungkap Haris saat dikonfirmasi, Selasa (5/1/2020).

Terdapat tiga proses penyaluran, selain mengantarkan BST langsung ke rumah KPM, uang tunai senilai Rp 300 ribu itu, juga bisa diambil di kantor pos dan kantor perangkat daerah tingkat kecamatan atau kelurahan.

Saat proses pengambilan di kantor pos maupun kantor perangkat daerah, surat pemberitahuan wajib dibawa sebagai syarat dan bukti.

"Pada saat KPM datang, petugas Pos tinggal memindai QR code. Nanti akan muncul datanya. Dilihat bukti diri apakah sesuai apa tidak. Lalu penerima akan difoto," tuturnya.

Guna menghindari kerumunan, proses pengambilan BST di kantor pos maupun kantor perangkat daerah akan dijadwalkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita bekerja sama dengan pemda, mungkin di balai desa. Kita lakukan pembayaran di sana sesuai dengan protokol kesehatan dan atur dan jadwal. Karena kan memang pandemi belum berakhir. Sehingga petugas kita menggunakan APD, kita atur sedemikian rupa," ujar Haris.

Rumah Penerima Banso Dicek

PT Pos Indonesia kembali ditunjuk untuk menyalurkan bantuan sosial (Bansos) tunai.

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Mohamad Yusuf
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved