Breaking News:

Berita Daerah

FoSSEI Sumatera Bagian Utara Dukung Sistem Keuangan Syariah di Aceh

FoSSEI Sumatera Bagian Utara mengapresiasi dan mendukung Pemerintah Aceh dalam menerapkan sistem keuangan syariah

dok fossei
FoSSEI Sumatera Bagian Utara mengapresiasi dan mendukung Pemerintah Aceh dalam menerapkan sistem keuangan syariah.Diterapkan sistem keuangan syariah akan menghadirkan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat. 

WARTAKOTALIVE.COM, MEDAN - Aceh merupakah wilayah yang mendapatkan keistimewaan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sesuai dengan undang-undang Nomor 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Propinsi Daerah Istimewa Aceh.

Istilah Qanun pun menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Provinsi Aceh yang tidak dimiliki oleh Provinsi lain walaupun ada beberapa provinsi yang memiliki hak keistimewaan seperti Yogyakarta dan Jakarta.

Penegakan syariat islam di Provinsi Aceh agaknya sudah menjadi keharusan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh dalam menegakkan syariat Islam adanya penerapan sistem keuangan syariah yang merupakan amanah UUPA dan aturan turunannya berupa qanun sudah dibuat oleh Pemerintah Aceh.

"Pemerintah Aceh, tidak akan surut dan sudah final untuk menerapkan sistem keuangan syariah itu di Aceh", kata Asisten II Setda Aceh H T Ahmad Dadek MH, dalam siaran persnya, Selasa (29/12/2020).

Azmi Awaluddin selalu Ketua FoSSEI Sumatera Bagian Utara mengapresiasi dan mendukung Pemerintah Aceh dalam menerapkan sistem keuangan tersebut,

"FoSSEI Sumbagut tentu mengapresasi juga mendorong Aceh untuk laksanakan itu (sistem keuangan syariah), karena ini bisa menjadikan langkah konkrit pemerintah aceh untuk mendukung majunya keuangan dan ekonomi islam di Indonesia", ujar Azmi Awaluddin.

Selaras dengan hal tersebut, Presnas FoSSEI, Abdul Azzam Lathif juga menyampaikan dukungan kepada Pemerintah Aceh, karena baginya dengan diterapkan sistem keuangan syariah akan menghadirkan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat. "FoSSEI selalu mendukung upaya memajukan keuangan syariah di Indonesia, tuturnya.

Keuangan syariah juga bisa memastikan juga bahwa dengan hadirnya sistem ekonomi yang diajarkan oleh Islam bisa menghadirkan kesejahteraan dan keadilan untuk seluruh elemen dan golongan,

“Ekonomi syariah tidak hanya melulu berbicara tentang umat islam, melainkan berbicara semua golongan. ini adalah titik temu", tambahnya yang sebelumnya juga menjabat sebagai Ketua Umum KSEI AkSES LIPIA.

Harapannya kedepan atas pengimplementasian sistem keuangan syariah di Aceh, Bisa mentitik fokuskan kepada UMKM dan juga bisa menjadi jawaban daripada krisis pandemi covid 19 yang sekarang masih menjadi tantangan terbesar pemerintah daerah ataupun pusat.

Penulis: M Nur Ichsan Arief
Editor: M Nur Ichsan Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved