Berita Video

VIDEO Perajin Terompet Tahun Baru Berhenti Produksi Karena Pandemi

Menurut seorang warga, biasanya jelang liburan natal dan tahun baru, kesibukan membuat terompet di sini tak pernah sepi.

Penulis: M Nur Ichsan Arief | Editor: Ahmad Sabran
warta kota
Sarjono, Perajin Terompet di Tangerang 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG- Berbeda dari tahun sebelumnya, para perajin terompet di Cibodas Besar, Kota Tangerang, kini di masa pandemi mereka berhenti total memproduksi terompet.

Kawasan yang dijuluki Kampung Terompet karena sebagian warganya yang berprofesi sebagai pengrajin terompet ini sudah tinggal di wilayah ini selama puluhan tahun dan umumnya berasal dari daerah Wonogiri, Jawa Tengah.

Saat dikunjungi wartakotalive.com, Senin (28/12/2020) kampung ini terlihat sepi dari aktifitas warganya.

Menurut seorang warga, biasanya jelang liburan natal dan tahun baru, kesibukan membuat terompet di sini tak pernah sepi.

Tapi kini akibat adanya pandemi, mereka memilih pulang kampung ketimbang bertahan namun tak dapat penghasilan.

Sarjono, salah seorang pengrajin yang berhasil ditemui di lokasi menyebutkan, kalau sementara usaha terompet di kawasan ini sedang mati suri akibat dampak Covid-19.

Sarjono yang biasanya mampu memproduksi 25 ribu terompet dengan berbagai model dan jenis bahan ini, kini harus gigit jari, karena total tidak berproduksi terkait adanya larangan perayaan tahun baru dan pembatasan jam operasional tempat usaha, ditambah sepinya pembeli.

Menurut Sarjono, tahun ini ia harus rela kehilangan penghasilan dari usaha sampingannya yang mencapai.puluhan juta Rupiah.

Kendati usaha trompetnya di penghujung tahun ini berhenti total, tapi masih punya usaha lainnya yaitu membuka warung makan.

Pria yang sudah 20 tahun berdagang terompet ini berharap pandemi bisa cepat berakhir, sehingga ia dan kawan-kawannya sesama pengrajin bisa kembali berproduksi dan membuat roda ekonomi keluarganya kembali berputar.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved