Breaking News:

Terminal Kampung Rambutan

Akibat Pandemi Virus Corona, Jumlah Penumpang Terminal Kampung Rambutan Anjlok 80 Persen

Pemudik libur Natal dan Tahun Baru 2020 di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, anjlok hingga 80 persen.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Alex Suban
Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan, Jakarta Timur. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemudik libur Natal dan Tahun Baru 2020 di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur anjlok hingga 80 persen.

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Made Jhoni, mengatakan angka itu dapat dibandingkan dari libur Natal tahun 2019 lalu sebelum Pandemi Covid-19 terjadi.

"Penurunan hampir 80 persen. Di tanggal 24 Desember 2019 keberangkatan penumpang capai 7.000. Namun, pada 24 Desember 2020 jumlah penumpang 1.215," kata Made, Sabtu (26/12/2020).

Tanggal itu menjadi acuan sebab kerap dijadikan hari puncak keberangkatan penumpang saat momen libur Natal pada tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan kata Made, angka 1.215 penumpang masih jauh di bawah rata-rata angka keberangkatan penumpang di hari biasa saat Pandemi Covid-19 belum terjadi.

Biasanya, terminal tersebut dapat melayani 3.000 penumpang saat hari kerja dan 5.000 penumpang di hari libur. Namun, selama pandemi Covid-19 jumlah keberangkatan terus menurun.

"Penurunan karena masih pandemi Covid-19 dan penumpang yang dipersyaratkan memiliki surat hasil rapid test. Jadi penumpang diimbau menunda perjalanan," ujarnya.

Mengacu SE Kementerian Perhubungan nomor 20 tahun 2020, Made menuturkan penumpang tujuan Bali wajib melakukan rapid test antigen deteksi Covid-19.

Bila hasilnya negatif maka penumpang boleh melakukan perjalanan. Sementara tujuan dari dan di dalam Pulau Jawa rapid test antigen bersifat imbauan.

"Kami imbau masyarakat agar sementara menghabiskan waktu liburnya di rumah dulu. Untuk mencegah penularan Covid-19 meluas, karena situasi sekarang masih pandemi," tuturnya. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved