Breaking News:

Libur Natal dan Tahun Baru

Wagub DKI Ahmad Riza Patria Minta Warga Urungkan Niat Keluar Kota saat Libur Natal dan Tahun Baru

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warganya untuk mengurungkan niat keluar kota saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

YouTube@ BNPB Indonesia
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warganya untuk mengurungkan niat keluar kota saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Alih-alih ingin liburan, kepulangan mereka nantinya justru membawa virus sehingga kasus Covid-19 kembali melonjak.

Politisi Partai Gerindra itu menyebut, DKI dan pemerintah pusat telah mengeluarkan imbauan agar warga tetap berada di rumah.

Untuk imbauan dari DKI tercantum dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 di Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Ilustrasi kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol.
Ilustrasi kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. (Wartakotalive.com/M Nur Ichsan Arief)

Sedangkan pemerintah pusat melalui Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Nikmati dan gunakan waktu bersama keluarga untuk silaturahmi, untuk meningkatkan hubungan baik di lingkungan keluarga masing-masing. Tingkatkan kualitas keluarga dan juga yang penting kami minta tidak ke luar kota,” kata Ariza di Masjid Jami’ At-Taufiqul Mubarok, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (25/12/2020).

Ariza mengatakan, Pemprov DKI Jakarta juga mengeluarkan kebijakan lain agar warganya tak berkerumun. Salah satunya menutup dan melakukan pembatasan ketat di sejumlah kawasan dan tempat wisata di Jakarta.

“Tempat-tempat wisata di hari libur pada tanggal 25 Desember dan 31 Desember serta tanggal 1 Januari. Kemudian, dari tanggal 24 Desember-27 Desember dan juga tanggal 31 Desember-3 Januari kami membatasi jam operasional dan kapasitas untuk rumah makan, restoran, kafe, bioskop dan lain-lain,” ujarnya.

Ariza berharap, masyarakat mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun. Langkah itu perlu dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid-19 saat berada di luar rumah.

Pintu gerbang utama TMII.
Pintu gerbang utama TMII. (TribunJakarta/Dionisius)

“Kami minta masyarakat untuk dapat patuh. Kami bersama Polda Metro dan Kodam Jaya sudah melaksanakan apel kesiapan kemudian juga akan meningkatkan terus pemantauan, pengawasan operasi yustisi,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved