Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG Prakirakan Musim Hujan Kali Ini Lebih Basah dari Tahun Lalu, Potensi Banjir Meningkat

BMKG prakirakan musim hujan kali ini lebih basah dari musim hujan tahun lalu, potensi banjir meningkat.

istimewa
BMKG prakirakan musim hujan kali ini lebih basah dari musim hujan tahun lalu, potensi banjir meningkat. Foto ilustrasi: Banjir di Permukiman Warga di Jalan Puri Mutiara Ilir, RT 04/01 Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan pada Senin (5/10/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - BMKG prakirakan musim hujan kali ini lebih basah dari musim hujan tahun lalu, potensi banjir meningkat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, musim hujan kali ini cenderung lebih basah dari musim hujan tahun lalu sehingga potensi kejadian banjir bisa meningkat.

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer dan prakiraan curah hujan bulanan, diprakirakan kondisi musim hujan hingga Maret 2021 akan bersifat normal sampai di atas normal atau cenderung lebih basah dari biasanya bila dibandingkan dengan musim hujan tahun lalu," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam siaran pers BMKG di Jakarta, Jumat (25/12/2020).

Video: Puncak Arus Mudik Libur Nataru di Bandara Soekarno-Hata Diprediksi Hari Ini

"Musim hujan tahun 2020/2021 diwarnai oleh latar belakang fenomena iklim global La Nina yang terjadi sejak awal Oktober 2020 dan diprediksi akan berlangsung hingga Mei 2021 dengan intensitas La Nina moderat menjadi La Nina lemah pada Maret 2021," kata Dwikorita.

Menurut hasil pemantauan BMKG, hingga menjelang akhir Desember 2020 sebanyak 85 persen zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan 15 persen sisanya belum memasuki musim hujan.

Baca juga: Kunjungi Wilayah Terdampak Banjir, Nur Azizah Tamhid Sampaikan Ini

Baca juga: Evi Masamba Ikhlaskan Anggota Keluarga yang Belum Ditemukan Akibat Bencana Banjir Bandang di Masamba

Wilayah yang belum memasuki musim hujan meliputi:

- Lampung bagian tengah dan timur,

- pesisir utara Banten,

- DKI Jakarta bagian barat,

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved