Antisipasi Kerumunan dan Penyebaran Covid Pemkot Jakut Tutup Sementara RPTRA dan RTH

Kebijakan penutupan sementara semata-mata sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
RPTRA di wilayah Jakarta Utara akan ditutup sementara pada saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara akan menutup sementara seluruh Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang berada di wilayah Jakarta Utara. Penutupan dilakukan pada saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Utara, Nur Subchan, mengatakan, ada 77 RPTRA di Jakarta Utara yang akan dilakukan penutupan.

“Penutupan RPTRA dilakukan pada tanggal 25 Desember 2020 dan tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan tanggal 1 Januari 2021,” ucap Subchan, Selasa (22/12/200).

Menurutnya, kebijakan dilakukan penutupan sementara tersebut semata-mata sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Polda Metro Jaya Rencanakan Panggil Pelapor dan Terlapor Usai Munarman Dipolisikan Barisan Ksatria

Baca juga: Bayi Gajah Ditabrak Motor Sampai Terkapar, Ini Kronologis Lengkap Pertolongannya yang Dramatis

Hal ini sesuai Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 di Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Selain itu, lanjut Subchan, juga Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Selama masa penutupan pengelola tidak melayani kedatangan masyarakat yang akan berkunjung dan melakukan kegiatan di RPTRA,” ucapnya.

Meskipun ada penutupan sementara, Subchan mengatakan pengelola RPTRA tetap bertugas seperti biasa sebagai upaya memastikan fasilitas yang ada tetap berfungsi dengan baik.

“Membersihkan serta merawat sarana dan prasarana RPTRA, mematikan dan menghidupkan lampu dan yang terpenting tetap melakukan pengamanan terhadap semua fasilitas,” ujarnya.

Tidak hanya menutup sementara RPTRA, Pemkot Jakarta Utara juga bakal menutup sementara Sebanyak ruang terbuka hijau (RTH) yang ada di wilayah Jakarta Utara. Seperti halnya RPTRA, penutupan RTH yang jumlahnya ada 208 lokasi, itu dilaksanakan pada saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Kebijakan ini juga sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara, Putut Widya Martata, mengatakan sejumlah lokasi yang berpotensi menimbulkan kerumunan publik akan ditutup sementara.

“Ruang terbuka hijau (RTH) seperti taman, Taman Maju Bersama (TMB), termasuk Hutan Kota akan ditutup pada tanggal 25 Desember 2020, 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021,” kata Putut, Selasa (22/12/2020).

Penutupan sementara 208 lokasi RTH di wilayah Jakarta Utara itu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 saat momen libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Baca juga: DKI Jakarta Alami Resesi, Tingkat Pengangguran Terbuka Capai 572 Ribu Orang, Ini Kata Anies Baswedan

Baca juga: Luncurkan Sharp E-Store, Sharp Gabungkan Bisnis Online dan Offline, Siap Dukung Produk UMKM

“Kami harap masyarakat bisa memahami dan tidak mendatangi lokasi-lokasi yang rawan terjadinya kerumunan karena akan sangat beresiko,” ungkqp Putut.

Menurut Putut, masyarakat tentunya akan lebih aman apabila memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru dengan melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Selain itu masyarakat juga harus tetap berpedoman pada protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan agar terhindar dari Covid-19. “Pandemi belum berakhir jadi kita harus tetap waspada. Kita harus membantu diri sendiri dan orang lain agar tidak tertular Covid-19,” ujar Putut.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved