Breaking News:

VIDEO Secara Acak, Penumpang Kendaraan Pribadi yang Keluar Kota Akan di Tes Swab Antigen

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memastikan pihaknya akan melakukan tes swab antigen secara acak ke penumpang kendaraan pribadi.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Murtopo
Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memastikan bahwa pihaknya akan melakukan tes swab antigen secara acak ke sejumlah penumpang kendaraan pribadi 

WARTA KOTA, SEMANGGI -- Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memastikan bahwa pihaknya akan melakukan tes swab antigen secara acak ke sejumlah penumpang kendaraan pribadi yang akan masul atau keluar kota di masa pekan libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Tes secara random itu dilakukan di sejumlah pos pelayanan di wilayah perbatasan yang dibuat pihaknya dengan instansi terkait baik di jalur tol atau di jalur arteri. 

"Sesuai surat edaran dari BNPB Nomor 3 Tahun 2020 memang diwajibkan ke semua warga yang bepergian untuk dilakukan tes swab antigen, sesuai lokasi tujuan dan dan kedatangannya. Ini juga berlaku di Jakarta yang masih zona merah, termasuk sejumlah kota di Pulau Jawa ini," kata Sambodo, Senin (21/12/2020).

Karenanya untuk itu, pihaknya mengimbau warga Jakarta tidak bepergian selama libur Natal dan Tahun Baru ini, mengingat kota Jakarta masih zona merah pandemi Covid-19 serta sejumlah kota dan wilayah lain di Indonesia.

"Namun jika warga tetap akan bepergian diwajibkan melakukan tes swab antigen atau membawa surat hasil tes swab antigen yang menyatakan non reaktif," katanya.

Karena itu pula kata dia pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara acak ke pengendara kendaraan pribadi di perbatasan yang akan masuk atau keluar kota.

Baca juga: Dirlantas Polda Metro Jaya Minta Warga tak Konvoi dan Rayakan Malam Tahun Baru di Jalanan

"Jika tidak ada surat hasi tes swab antigen, maka kita lakukan swab antigen di pos pelayanan di perbatasan. Jika ada yang reaktif kami akan langsung rujuk ke wisma atlet atau rumah sakit terdekat. Kami sudah berkordinasi dengan Dinkes dan instansi terkait soal ini," katanya.

Sebelumnya Sambodo menjelaskan pihaknya menindak sedikitnya 20 pebalap liar beserta kendaraannya yang melakukan aksi balap liar di sekitar kawasan Senayan, Senin (21/12/2020) dinihari.

Baca juga: Satpol PP DKI Pastikan Akan Melakukan Pengawasan Ketat Perkantoran dan Tempat Usaha

"Tadi malam kami melakukan penindakan penilangan terhadap 20 kendaraan yang melakukan balapan liar di sekitar Senayan. Mereka dari komunitas-komunitas balapan liar,” kata Sambodo.

Menurutnya 20 kendaraan ditindak karena melakukan aksi balapan liar di sejumlah jalan protokol. 
"Seperti di Jalan Sudirman-Thamrin, sekitar Senayan, Jalan Gerbang Pemuda, dan sebagainya," kata Sambodo.

Sambodo mengungkapkan fenomena balap liar, kembali marak di Jakarta akhir-akhir ini. Terutama dilakukan pada malam hari saat akhir pekan.

Baca juga: VIDEO Ditlantas Polda Metro Jaya Tindak 20 Pebalap Liar yang Kebut-kebutan di Kawasan Senayan

"Perkembangan akhir-akhir ini di malam weekend khususnya malam Jumat, Sabtu, Minggu, dan malam biasanya itu banyak sekali klub otomotif, klub motor, yang melaksanakan konvoi dan balapan liar di jalanan," katanya.

Untuk itu, kata dia, pihak kepolisian akan kembali mengintensifkan razia terhadap pelaku balapan liar ini.

"Apalagi balapan menjadi salah satu target pada Operasi Lilin Jaya 2020 kali ini, di masa pandemi Covid-19," katanya.(bum)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved