Breaking News:

Berita Jakarta

Pontjo Sutowo Optimistis Sektor Parwisata Indonesia Akan Bangkit, Harus Siap Beradaptasi

Pontjo Sutowo Optimistis Sektor Parwisata Indonesia Akan Bangkit, Harus Siap Beradaptasi

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Ketua Umum Aliansi Kebangsaan, Pontjo Sutowo, optimistis sektor pariwisata Indonesia akan bangkit 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Pandemi Covid-19  membuat sektor pariwisata menjadi lesu. Meski demikian Pontjo Sutowo optimistis sektor pariwisata Indonesia akan bangkit

Kelesuan sektor parwisata itu sudah dirasakan sebelum Indonesia mengumumkan ada pasien positif corona pada awal Maret 2020 lalu.

Sejumlah stimulus yang disiapkan pemerintah untuk membangkitkan sektor pariwisata tak mampu membendung dampak negatif Covid-19.

Atraksi wisata banyak ditutup tak ada pemasukan bagi mereka. Hunian mayoritas hotel juga turun drastis dan berarti tak ada pendapatan.

Padahal sektor pariwisata selama ini digadang-gadang sebagai sumber kontribusi devisa terbesar kedua bagi Indonesia.

Namun, pandemi corona COVID-19 yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina, akhir tahun lalu ini, tak terkecuali industri mengubah semuanya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 terkontraksi cukup dalam hingga -5,32%.

Jika kuartal III pertumbuhan ekonomi kembali terkontraksi, maka Indonesia dipastikan masuk jurang resesi. Sejumlah sektor industri pun alami kerugian.

Hal inilah yang menjadi fokus diskusi, solusi peningkatan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata di masa pandemi, Aliansi Kebangsaan bersama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI).

Kemudian bekerjasama dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), serta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), untuk menyelenggarakan seri dari rangkaian FGD dan Diskusi Publik “Mengukuhkan Kebangsaan yang Berperadaban: Menuju Cita-Cita Nasional Dengan Paradigma Pancasila.” FGD yang digelar pada Jumat (18/12/2020) membahas “Penguasaan dan Pengembangan Teknologi di Sektor Pariwisata”.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved