Breaking News:

Obesitas dan Kurang Aktivitas Fisik Jadi Penyebab Utama Diabetes

Diabetes tidak hanya banyak dialami masyarakat di Indonesia tapi juga masyarakat dunia. Obesitas dan kurangnya aktivitas fisik jadi penyebab utama.

Medical News Today
Ilustrasi penyakit diabetes dipicu dari gaya hidup seperti pola makan yang mengandung gula tinggi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Diabetes tidak hanya banyak dialami masyarakat di Indonesia tapi juga masyarakat dunia. Obesitas dan kurangnya aktivitas fisik jadi penyebab utama.

Chairman of Herbalife Nutrition Institute, Dr. David Heber menerangkan, telah banyak penelitian yang mengkaitkan kebiasaan sedentari (tidak banyak melakukan gerak), dengan obesitas dan berujung pada diabetes

Pada 2013, lebih dari 380 juta orang di seluruh dunia terkena diabetes dan diperkirakan akan mendekati 600 juta pada tahun 2035.

Baca juga: FAKTA Terbaru, Makan Telur 1 Per Hari Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2,Wanita Dewasa Lebih Berisiko

Meski, tidak berarti bahwa semua orang yang mengalami obesitas akan diabetes. Namun, studi dari National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat menemukan hubungan langsung antara keduanya. 

Jawaban dari diabetes adalah perbaikan pola makan dan berolahraga lebih sering. 

"Sederhananya, menghindari diabetes adalah tentang membuat keputusan lebih sehat tentang komitmen berolahraga dan apa yang kita konsumsi," ujar dr. Heber dalam siaran pers yang diterima Warta Kota belum lama ini.

Baca juga: Daun Insulin Ternyata Tak Hanya untuk Penderita Diabetes

Sementara aktivitas fisik untuk menghindari obesitas dan diabetes sejatinya tidak terlalu berat. Hanya 150 menit aktivitas fisik atau olahraga yang cukup intens setiap minggu (20-25 menit sehari).

 "Aktivitas fisik harus menjadi rutinitas kita sehari-hari sejak dini. Kombinasikan juga dengan makanan sehat yang kita konsumsi sehari-hari. Kesejahteraan kita akan meningkat dan membantu negara sehat secara sosial dan ekonomi,” tutur Dr. Heber.

Nutrisi seimbang yang dilengkapi dengan olahraga teratur adalah hal penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Hal ini telah mejadi resep bagi sebagian besar orang di seluruh dunia. 

Baca juga: Catat Ini 5 Minuman yang Baik untuk Penderita Diabetes, Minum Kopi tanpa Gula Salah Satunya

"Jadi, penting untuk menghindari pola hidup sedentari atau kebiasaan-kebiasaan yang tidak banyak melakukan aktifitas fisik atau tidak banyak melakukan gerakan. Kebiasaan ini merupakan pintu untuk menuju ke berbagai penyakit degeneratif yang akan merugikan di kemudian hari,” ujar Dr. Heber. 

Berikut beberapa prinsip dasar untuk memerangi diabetes:

• Jadikan buah dan sayuran wajib dalam makanan, karena dapat mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.
• Hindari minuman ringan yang sangat tinggi gula.
• Hindari makanan kemasan yang penuh dengan garam, lemak jenuh, dan pengawet kimiawi.
• Jadikan serat sebagai bagian harian dari makanan anda.

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved