eSports

Esports dan Break Dance Ditetapkan sebagai Olahraga yang Dilombakan di Asian Games 2022

Dewan Olimpiade Asia (OCA) menetapkan eSports dan break dance sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2022, di Hangzhou, Tiongkok.

Penulis: Merdi Iskandar | Editor: Merdi Iskandar
Istimewa
Pertandingan ekshibisi/demonstrasi eSports di Asian Games 2018. Pada Rabu (16/12/2020), Dewan Olimpiade Asia memastikan eSports sebagai cabang olahraga yang dilombakan di Asian Games 2022, di Hangzhou, Tiongkok. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) memastikan olahraga elektronik (eSports) sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2022, di Hangzhou, Tiongkok.

Pada Asian 2018, di Jakarta-Palembang, eSports menjadi cabang olahraga ekshibisi atau demonstrasi.

Kala itu, atlet-atlet olahraga asal Tiongkok merebut dua dari enam medali emas yang diperebutkan, sedangkan atlet Indonesia, Korea Selatan, Hongkong, dan Jepang, masing-masing mendapatkan satu medali emas.

Kini eSports telah menjadi cabang olahraga resmi di pesta olahraga multicabang tingkat Asia tersebut.

Keputusan itu dibuat dalam sidang umum ke-39 OCA, di Muscat, Oman, Rabu (16/12/2020).

Menurut pengumuman yang disampaikan OCA, eSports akan bergabung dengan kejuaraan-kejuaraan lain yang telah dilombakan di Asian Games.

Selain eSports, OCA juga memastikan break dance akan dijadikan sebagai nomor baru di cabang olahraga tari yang diperlombakan di Asian Games 2022, 10-25 September.

Asian Electronic Sports Federation, yang menaungi eSports di Asia, memastikan kabar tersebut.

Mereka menyatakan akan membantu “memanfaatkan sepenuhnya potensi maksimal eSports di kawasan ini” dan membuktikan pentingnya memasukkan industri yang sedang berkembang tersebut ke dalam kejuaraan olahraga lainnya pada masa mendatang.

Hal itu pun memiliki implikasi yang lebih besar bagi beberapa negara peserta Asian Games 2022, seperti Korea Selatan, karena di negara tersebut peraih medali emas kejuaraan olahraga internasional akan dibebaskan dari wajib militer.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved