Breaking News:

Properti

Potensi Arsitek Lanskap dalam Mengolah Ruang Terbuka Hijau Bisa Hasilkan Karya Menarik

Para arsitek lanskap harus menangkap peluang perubahan konsep arsitektur yang terdapat di ruang terbuka hijau.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Kenari Djaja
Seminar online tentang Arsitektur Hijau, Inspirasi & Adaptasi yang digelar Kenari Djaja bersama Majalah Asri, Kamis (17/12/2020), diikuti hampir 400 peserta dari berbagai kalangan profesi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Kondisi pandemi telah memaksa orang berkegiatan dari rumah untuk waktu lama. Kondisi ini menginspirasi para arsitek dan perencana lingkungan untuk membangun kreasi menyesuaikan terhadap tata ruang bangunan maupun ruang-ruang terbukanya.

Kreasi penyesuaian itu meliputi lanskap di sekitar bangunan, ruang hijau di perkotaan, lingkungan permukiman dan hunian serta ruang terbuka publik dalam mendukung rekayasa dan adaptasi perubahan perilaku baru.

Jika arsitek melakukan adaptasi desain pada karya arsitekturnya untuk memenuhi persyaratan kesehatan di era New Normal, maka para arsitek lanskap harus menangkap peluang perubahan konsep arsitektur yang terdapat di ruang terbuka hijau, sesuai tuntutan environmental quality improvement.

Banyak inspirasi dan informasi bisa digali dari potensi arsitektur lanskap bagi pengembangan aktivitas masyarakat terhadap lingkungan barunya.

Ir. Nirwono Yoga, MLA, seorang arsitek lanskap yang juga pengamat lingkungan mengatakan bahwa potensi arsitek lanskap dalam mengolah ruang terbuka hijau bisa menghasilkan karya yang dominan dan memiliki daya tarik timbal balik terhadap lingkungan di sekitarnya.

Menurut Nirwono Yoga, saat ini, sebuah kota seharusnya dikembangkan agar menjadi lebih hijau, lebih layak huni, dan lebih berkelanjutan.

“Seyogyanya setiap wilayah memiliki kebijakan program penghijauan yang berkontribusi terhadap perencanaan tata ruang wilayah,” ungkap Nirwono Yoga dalam seminar daring yang digelar Kenari Djaja bersama Majalah Asri, Kamis (17/12/2020).

Seminar yang mengusung tema Arsitektur Hijau—Insipirasi & Adaptasi itu juga didukung asosiasi profesi Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI).

Ketua Umum IALI, Dian Heri Sofian, ST. MT, dalam keynote speech, mengapresiasi seminar tentang peran arsitek lanskap dalam berkontribusi bagi kebutuhan masyarakat dan lingkungannya di era pandemic.

“Peran ini sangat penting, menjadikan ruang terbuka hijau untuk memberi pengaruh sehat, menambah fungsi aktivitas baru, di samping aspek keindahan sebagai taman,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved