Breaking News:

Pilkada Tangsel

KPU Kota Tangsel Batasi Waktu Gugatan Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Surat Suara di Pilkada Serentak

Perhelatan Pilkada 2020 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memasuki tahapan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan perhitungan surat suara.

Warta Kota/Rizki Amana
Komisioner KPU Kota Tangsel Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ade Wahyu Hidayat. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Perhelatan Pilkada 2020 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memasuki tahapan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan perhitungan surat suara, Kamis (17/12/2020). 

Komisioner KPU Kota Tangsel Divisi SDM dan Partipasi Masyarakat, Ade Wahyu Hidayat, mengatakan selesainya tahapan rekapitulasi perhitungan surat suara itu belum menjadi akhir dari pentas politik lima tahunan itu. 

Sebab, pihaknya bakal menunggu kesediaan para pasangan calon (paslon) Pilkada 2020 Kota Tangsel dalam menerima hasil dari rekapitulasi perhitungan surat suara itu. 

Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan hasil perhitungan surat suara tingkat kota Pilkada 2020 Kota Tangsel.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan hasil perhitungan surat suara tingkat kota Pilkada 2020 Kota Tangsel. (Warta Kota/Rizki Amana)

"Ya kita sudah dikembalikan kepada peserta diterima atau tidak terkait dengan keputusan yang sudah ditetapkan KPU kira-kira nanti kan ada ruang bagi seluruh peserta bagaimana mungkin menempuh jalur lain," kata Ade.

Ade menuturkan dalam jalur lain yang dimaksud pihaknya berupa gugatan hasil rekapitulasi perhitungan surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel. 

Nantinya, masing-masing kubu paslon dapat menggugat hasil tersebut jika terdapat perbedaan data yang disampaikan dari hasil rapat pleno tersebut dengan batasan waktu yang ditetapkan. 

"Tiga hari setelah penetapan (jangka waktu gugatan-red), kalau tidak ada sah rekapitulasinya," jelasnya. 

Adapun proses rekapitulasi dan perhitungan surat suara itu diprediksi KPU Kota Tangsel bakal rampung pada hari ini. 

Tiga bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Siti Nur Azizah-Ruhamaben, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, menjalani tes kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang, Selasa (8/9/2020).
Tiga bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Siti Nur Azizah-Ruhamaben, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, menjalani tes kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang, Selasa (8/9/2020). (Wartakotalive/Nur Ichsan)

"Terkait dengan ini kami kan hanya tujuh kecamatan, artinya secara normatif kalau ini sudah selesai dan tidak ada masalah di rekapitulasi di tingkat PPK itu cepatlah tinggal membacakan hasil rekapitulasi yang dilakukan di tingkat PPK," jelas Ade. 

"Tapi kita prepare terkait dengan waktu sampai dengan saat ini di akhir tahapan rekapitulasi di tingkat Kota yaitu pada tanggal 17 Desember 2020. Tapi mudah-mudahan hari ini selesai ya," pungkasnya. 

Penulis: Rizki Amana
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved