Breaking News:

Hasil Riset IPB Soal Ketahanan Keluarga Sebut Interaksi Antar Masyarakat Kota Depok Terjalin Baik

Untuk komponen sosial, kata Idris, mendapat nilai cukup tinggi, disusul kemudian dengan komponen fisik dan psikologi.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dedy
Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK --- Berdasarkan riset dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) mencatatkan ketahanan Kota Depok cukup tinggi.

"Mencapai 77,46 persen. Maka kami ingin ke depan lebih meningkat lagi," papar Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (16/12/2020).

Dalam riset tersebut terdapat sejumlah komponen penilaian yakni komponen fisik, komponen sosial, dan komponen psikologi.

Untuk komponen sosial, kata Idris, mendapat nilai cukup tinggi, disusul kemudian dengan komponen fisik dan psikologi.

Komponen fisik meliputi rumah, lingkungan, taman, dan tempat bermain.

"Lalu, komponen sosial itu interaksi yang baik antar masyarakat. Kemudian, komponen psikologi itu ketahanan menerima musibah dan menahan emosi seperti menerima musibah atau kabar yang simpang siur," paparnya.

Untuk meningkatkan ketahanan keluarga, Idris mengatakan Pemkot Depok sudah melakukan sejumlah inovasi.

Di antaranya Sekolah Ayah Bunda, Sekolah Pranikah dan sosialisasi serta penyuluhan lainnya.

"Semoga program-program yang rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Selain juga dapat dirasakan oleh masyatakat Kota Depok," katanya.

Maka guna meningkatkan indeks ketahanan keluarga di Kota Depok pada 2021, Pemkot Depok menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Rakerda Program Bangga Kencana juga dihadiri Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, Kusmana, Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK), Nessi Annisa Handari.

Kemudian ada juga Ketua Forum Keluarga Harmonis, Elly Farida, Perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Depok dan sejumlah Stakeholder terkait.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved