Breaking News:

Pilkada Tangsel

Akibat Hujan Kritik, KPU Kota Tangsel Tunda Rapat Pleno Rekapitulasi Pilkada Serentak 2020

Perhelatan Pilkada 2020 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memasuki tahapan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara.

Warta Kota/Rizki Amana
Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan perhitungan surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Perhelatan Pilkada 2020 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah memasuki tahapan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kota, Rabu (16/12/2020), di bilangan Lengkong Gudang, Serpong.

Pada tahapan ini pihak saksi nomor urut 1 pasangan calon (paslon) Muhamad-Saraswati, Drajat Sumarsono enggan menerima hasil rapat pleno karena dinilai terburu-buru dalam sejumlah perbaikan rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan. 

Jalannya sidang yang sempat mengalami beberapa penundaan itu pun terus dihujani kritik dari kubu DPC PDIP yang bertugas sebagai saksi dari paslon nomor urut 1 itu. 

"Mulai DPTb (Dafta Pemilih Tambahan) banyak sekali, dan yang paling fatal itu adalah surat suara yang dihanguskan," ujarnya.

"Apalagi delik acara tidak disampaikan pada kami, bahkan tadi Ketua KPU pimpinan sidang Pak Mujahid itu menyampaikan, katanya penghapusan kertas surat suara itu telah disampaikan kepada kita akhirnya ditarik lagi," lanjut Drajat.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU Kota Tangsel, M Taufiq Mz, menyatakan penundaan dikarenakan adanya kritik dari saksi paslon yang meniliat data DPTB tak sesuai dari beberapa rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kecamatan. 

Menurutnya, penundaan itu tak terkait dengan perolehan hasil rekapitulasi perhitungan surat suara melainkan administrasi sejumlah hasil perhitungan di tingkat kecamatan. 

"Sesungguhnya rekap tadi dari pagi sampai malam hari ini tidak ada persoalan dalam perolehan hasil ya, hanya persoalan administratif persoalan data-data yang belum lengkap atau yang berbeda dari kami dengan saksi pasangan calon ataupun Bawaslu," ucapnya.

Pantauan Wartakotalive.com di lokasi, rapat pleno tersebut ditetapkan penundaannya pada pukul 23.45 WIB, dan dilanjutkan, Kamis (17/12/2020) sekitar pukul 09.00 WIB di lokasi yang sama. 

Penulis: Rizki Amana
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved