Breaking News:

Pilkada Karawang

Tingkat Partisipasi Pemilih Dalam Pilkada Karawang Naik Lima Persen Dibandingkan Lima Tahun Lalu

Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkada Karawang Naik Lima Persen Dibandingkan Lima Tahun Lalu. Berikut Paparannya

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
KPU Kabupaten Karawang mengelar rapat pleno hasil penghitungan suara dan penetapan hasil suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Miftah Farid mengatakan jika partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak 2020 meningkat sebanyak lima persen dibandingkan lima tahun lalu.

Hal ini dikatakan Miftah jika di tahun 2015, partisipasi pemilih hanya berada di angka 65 persen.

Sementara partisipasi pemilih di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2020 menjadi 70 persen.

"Kalo misalnya di bandingkan dengan pemilihan sebelumnya di tahun 2015, itu sesungguhnya ada kenaikan dari tingkat partisipasi pemilih," kata Miftah Farid, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Mahfud MD Dinilai Pemicu Kekisruhan Habib Rizieq dan FPI, Ridwan Kamil Ingatkan Sikap Arif dan Bijak

Menurut Miftah Farid, meski Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang di Pilkada 2020 yang digelar ditengah pandemi covid-19, tidak menurunkan partisipasi pemilih.

Walaupun target partisipasi pemilih secara nasional sebanyak 77,5 persen belum tercapai, Miftah mengaku bersyukur ada kenaikan partisipasi pemilih jika dibandingkan lima tahun sebelumnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Lepas Tangan Soal Kerumunan HRS di Mega Mendung, Akui Hanya Tanggung Jawab Moril

"Meski pandemi ternyata ada kenaikan tingkat partisipasi pemilih. Walaupun memang target nasional kami itu 77,5 persen belum tercapai, karena faktor pandemi," ujarnya.

Miftah menilai, meningkatnya partisipasi pemilih di Pilkada seretak 2020 ini tidak terlepas dari kerja keras para penyelenggara, partai politik, hingga stakeholder dan media yang selalu mensuport jalannya Pilkada.

"Saya kira ini kerja bersama ya, penyelenggaraan, partai politik para pihak pemerintah daerah, stakeholder lainnya dan para media yang selalu memberikan informasi kepada masyarakat," ucapnya. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved