Breaking News:

Pertanian

Rilis Better Life Farming Demi Peningkatan Kesejahteraan Petani, Bayer Indonesia Beri Pelatihan Ini

Program Better Life Farming ini adalah komitmen jangka panjang Bayer yang secara global bermitra dengan IFC, Netafim, dan Swiss-Re.

Editor: Fred Mahatma TIS
Istimewa
Peresmian Better Life Farming Center (BLFC) di Serang, Banten pada 11 Desember 2020. Program BLF Bayer Indonsia di Banten sukses menjangkau lebih dari 3.200 petani dengan kenaikan produktivitas tanaman pangan lebih dari 25% dan pendapatan petani lebih dari 50%. 

Better Life Farming memberikan pelatihan khusus untuk para petani perempuan serta memberikan pendidikan terkait kesehatan reproduksi dan akses terhadap alat kontrasepsi modern kepada perempuan tani dan istri petani.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Bayer Indonesia, perusahaan global dengan kompetensi di bidang kesehatan dan pertanian, meresmikan program Better Life Farming (BLF) bersama dengan Kementerian Pertanian RI dalam acara Mentan Sapa Petani dan Penyuluh Pertanian (MSPP).

Program BLF tersebut sebagai dukungan Bayer kepada para petani Indonesia dan pembangunan sektor pertanian nasional.

Better Life Farming adalah bentuk dari program berkelanjutan Bayer bekerjasama dengan para mitra untuk menjangkau 4 juta petani dengan 20% nya adalah petani perempuan, selama kurun waktu 2020-2030 yang direncanakan berlokasi di 17 provinsi, demi mendukung terwujudnya pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Baca juga: Bayer Indonesia Bantu 500 Ribu Petani Rentan Terdampak Pandemi Covid-19

Baca juga: Kemenko Perekonomian Ungkap Sektor Pertanian Buka Peluang Terbukanya Lapangan Pekerjaan

Konsep program Better Life Farming ini sejalan dengan strategi Pemerintah untuk mengembangkan Korporasi Petani dan menjangkau 2,5 juta petani muda.

Di mana kelompok tani dan petani akan diberi bimbingan pelatihan on-farm serta kewirausahaan dan difasilitasi akses pembiayaan, asuransi pertanian, serta akses pasar.

Program Better Life Farming ini adalah komitmen jangka panjang Bayer yang secara global bermitra dengan IFC, Netafim, dan Swiss-Re.

Baca juga: Kemendes: UU Cipta Kerja Menjadi Solusi BUMDes Mengakses Permodalan di Perbankan

Baca juga: Gus Menteri Minta Kapasitas Pendamping Desa Kemendes PDTT Harus di Atas Rata-rata, Ini Alasannya

Kesejahteraan petani

Program Better Life Farming juga bertujuan mendukung Visi Pertanian Jangka Menengah Pemerintah Indonesia 2020-2024 yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan ketahanan pangan dan daya saing pertanian.

Mengacu pada Rencana Strategis Kementerian Pertanian 2020-2024, korporasi petani yang dibangun dengan sistem industri tani yang terpadu dalam mengembangkan skala usaha tani akan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang kerap dijumpai petani.

Karena faktanya, banyak petani mengalami kesulitan dalam menjual hasil panen sehingga menyebabkan menurunnya pendapatan mereka.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved