Pilkades Serentak

Terkait Pilkades Serentak, Ini Jumlah Batasan Orang Saat Penghitungan Suara di TPS

Terkait Pilkades Serentak 2020, ini jumlah batasan orang saat penghitungan suara di TPS.

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Hertanto Soebijoto
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Suasana pengundian nomor urut Cakades di wilayah Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Sabtu (12/12/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, BOJONGGEDE - Perbup no 66 dan 69 tidak secara rinci menjelaskan tentang mekanisme penghitungan suara dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bogor.

Menyikapi hal itu, Camat Bojonggede, Kabupaten Bogor, Dace Hatomi sempat cemas lantaran hal itu berpotensi dapat menimbulkan kerumunan massa di massa pandemi Covid-19.

"Yang saya khawatirkan itu justru pada saat proses penghitungan suara. Karena penghitungan suara di luar kendali dari Perbup itu. Itu yang dikhawtirkan berkumpul meskipun tidak akan bisa masuk area TPS," ujarnya.

Video: Gelar Pilkades Serentak di 88 Desa, Pemkab Bogor Siap Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Kendati demikian, kecemasan Dace akhirnya terjawab lantaran Kementerian Dalam Negeri sudah menginstruksikan bahwa dalam proses penghitungan suara, orang yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah dibatasi.

"Sudah disamapikan ke calon jadi pada hasil konferensi kemarin sudah diupayakan 1 tps kuota 500 fleksibel. Nah dengan pengurangan itu diharapkan mencegah itu. Sudah terjawab lah. Pada simulasi sudah terjawab tidak ada penumpukan massa," jelasnya.

Baca juga: Deklarasi Damai Pilkades Kecamatan Bojonggede Telah Disepakati Bersama, Ini Harapan Dace Hatomi

Baca juga: VIDEO Pemkab Bogor Siap Terapkan Protokol Kesehatan Ketat pada Pilkades Serentak di 88 Desa

"Di perbup hanya disebut TPS tersebar maksimal 3 jumlahnya ganjil minimal 3. Tidak disebutkan jumlahnya atau per TPS berapa, cuma sesuai hasil evaluasi Pilkada kemarin dari Kemendagri menyampaikan 1 tps 500 orang.  Kitaa juga 500 fleksibel 501, 502 yang jelas upaya kita mencegah kerumunan," tambahnya.

Selain itu, Pilkades serentak 20 Desember 2020 di Kabupaten Bogor itu akan diikuti 88 desa di 34 kecamatan. 

Mereka yang terpilih dalam pilkades, akan mengisi kursi 66 kepala desa yang habis masa jabatannya pada tahun ini, dan 22 kepala desa yang jabatannya berakhir pada Januari 2021.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved