Breaking News:

Lingkungan RW 02 Pulau Tidung Resmi Jadi Kampung Tangguh

Kampung Tangguh ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya upaya pencegahan Covid-19.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Peresmian RW 02 Pulau Tidung sebagai Kampung Tangguh dilakukan secara daring, Rabu (9/12/2020). Kampung Tanggung di Pulau Tidung ini untuk penerapan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran virus corona. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Lingkungan RW 02 Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu diresmikan sebagai Kampung Tangguh. 

Kasat Binmas Polres Kepulauan Seribu AKP Zuhri Mustofa mengatakan Kampung Tangguh adalah bagian dari program Polda Metro Jaya. "Dijadikan Kampung Tangguh untuk menekan penyebaran wabah Covid-19," ucap Zuhri, Rabu (9/12/2020).

Zuhri menambahkan ada alasan khusus mengapa RW 02 Kelurahan Pulau Tidung dipilih oleh Polres Kepulauan Seribu sebagai wilayah percontohan. “Dipilihnya RW 02 Pulau Tidung karena dilihat dari tingginya jumlah kasus Covid-19 selama ini,” kata Zuhri. 

Menurut Zuhri, kehadiran Kampung Tangguh di Kepulauan Seribu diharapkan dapat membuat masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. "Kampung Tangguh ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya upaya pencegahan Covid-19," Zuhri. 

Baca juga: Warga Terpapar Covid Tembus 3.000 Orang Lebih, Pemkot Tangerang dan Polri Bangun Kampung Tangguh

Baca juga: Hanya di Indonesia Orang Terkaya adalah Pengusaha Rokok, Jusuf Kalla: Paling Beda dengan Negara Lain

Selain itu juga mampu terwujudnya tujuan untuk menciptakan masyarakat yang sehat, kuat dan aman di wilayah Kepulauan Seribu. "Semoga dengan adanya Kampung Tangguh ini dapat mewujudkan Kepulauan Seribu yang sehat kuat dan aman," tutur Zuhri.

Adapun peresmian Kampung Tangguh dilakukan secara daring oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran diikuti Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan Selasa (8/12/2020).

Sebelunya, Polres Kepulauan Seribu memberangkatkan Tim Pemburu Pelanggar Protokol Covid-19 ke pulau permukiman yang ada di wilayah Kepulauan Seribu, Senin (7/12/2020).

Wakapolres Kepulauan Seribu Kompol Asep Alhuda mengatakan Tim Pemburu Covid-19 ini merupakan bagian dari program Kampung Tangguh yang digagas Polda Metro Jaya. "Sebagai salah satu program Kampung Tangguh Jaya adalah Tim Pemburu Covid-19 yang hari ini kita berangkatkan untuk melaksanakan tugas," kata Asep, Senin (7/12/2020). 

Baca juga: Angkasa Pura Support Buka Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA, Ini Daftarnya

Baca juga: Selalu Dapat Tempat di Hati Masyarakat Pemkab Tangerang Ajak Ulama Sosialisasi Pentingnya Gerakan 4M

Tim Pemburu Covid-19 diberangkatkan melalui Dermaga Marina Ancol, Pademangan, Jakarta Utara menuju ke sejumlah pulau pemukiman yang berada di Kabupaten Kepulauan Seribu. Mereka bertugas mencari orang yang positif Covif-19 namun masih berkeliaran serta juga memantau mereka yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19.

Tim Pemburu Covid-19 dengan 25 orang personel gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP Kabupaten Kepulauan Seribu itu juga bisa menindak warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan. "Setiap ada laporan kasus positif Covid-19 dari Satgas Covid-19 akan mendatangi lokasi sekitar penemuan kasus positif itu," ujar Asep.

Adapun puluhan personel gabungan dalam Tim Pemburu Covid-19 Polres Kepulauan Seribu bakal dikerahkan sesuai dengan jadwal setiap harinya ke pulau-pulau pemukiman.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved