Breaking News:

Pilkada Serentak

Dinilai Rawan Banjir, TPS 02 Karangligar Digeser 50 Meter dari Lokasi TPS Sebelumnya

Dinilai Rawan Banjir, TPS 02 Karangligar Digeser 50 Meter dari Lokasi TPS Sebelumnya. Berikut Alasannya

Warta Kota
TPS 02 Karangligar, Karawang yang menjadi kategori TPS Rawan Banjir. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Jelang pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karawang, kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) mulai membangun tenda tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) besok.

Satu di antaranya TPS 02, Karangligar Karawang, Jawa Barat.

TPS ini menjadi perhatian sebab lokasinya dikategorikan menjadi TPS Rawan Banjir lantaran berdekatan dengan aliran sungai Cibeet Karawang.

Pantauan Wartakotalive.com TPS ini terletak di salah satu halaman rumah, tak ada perubahan banyak dalam pembuatan TPS ini, sebab atap TPS sudah menyatu dengan garasi halaman rumah warga.

Meja kayu dan kursi pun mulai disiapkan untuk pelaksanaan pencoblosan besok, meski begitu belum seluruhnya selesai, masih ada beberapa papan pemberitahuan, hingga pengeras suara.

Baca juga: Bupati Bogor Batal Diperiksa, 6 Jenazah Pengawal Habib Rizieq Bakal Dimakamkan di Megamendung Bogor

Ketua KPPS TPS 02, Pengasinan, Karangligar, Karawang, Satim Setiabudi (35) mengatakan saat ini proses pembuatan TPS terus berlangsung secara bertahap.

Satim mengatakan TPS 02 memang menjadi TPS dengan kategori rawan banjir, apalagi saat ini tengah memasuki musim penghujan, untuk itu pihaknya juga telah mengantisipasi hal tersebut dengan berkoordinasi dengan perangkat daerah.

"Untuk teknis di rawan banjir sendiri kita sudah punya alokasi tempat-tempat tertentu jika terjadi bencana, namun memang saat ini diperketat kembali dengan adanya protokol kesehatan," kata Satim ditemui, Selasa (8/12/2020).

Dikatakan Kasim, jika pada Pilpres, TPS 02 berada tak jauh dari lokasi saat ini, dulu TPS 02 berada di lapangan terbuka, hanya saja karena kondisi cuaca tiga hari ini Karawang di guyur hujan maka lokasi TPS di pindahkan.

Baca juga: Ogah Golput, Ayu Ting Ting Siap Nyoblos di Pilkada Depok Pagi-pagi Sebelum Syuting

Pemandangan TPS pun tak jauh dari lokasi sebelumnya hanya berjarak 50 meter, TPS yang saat ini diyakini lebih aman apalagi saat musim penghujan seperti ini.

"Kalo tahun lalu itu di depan Masjid Jami Al Ikhlas di lapangan, sekarang kita bergeser ke sini karena melihat kondisi kemarin ini sudah hujan, sehingga kita cari lokasi lain yang paling dekat," katanya.

Baca juga: Ada 150 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Tangerang Akibat Curah Hujan yang Tinggi

Melihat kondisi cuaca saat ini, Satim mengatakan jika Desa Pengasinan, Karangligar masih terpantau aman, sebab debit sungai Cibeet terpantau normal, meski tiga hari ini Karawang di landa hujan.

"Kalo di sini banjir itu biasanya kiriman, sehingga sungai Cibeet meluap, kalo hujan biasa kayak gini, sebenarnya gak masalah, dan ga akan masuk ke pemukiman, cuma kalo debit air naik baru masuk ke pemukiman," katanya.

Di TPS 02 Karangligar sendiri setidaknya ada 392 calon pemilih yang akan menggunakan hak suaranya dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2020.

Ia pun juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat ke TPS. (jos)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved