Breaking News:

Kemenko Perekonomian Ungkap Sektor Pertanian Buka Peluang Terbukanya Lapangan Pekerjaan

Kemenko Perekonomian Ungkap Sektor Pertanian Buka Peluang Terbukanya Lapangan Pekerjaan. Simak selengkapnya dalam berita ini.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
dok. Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir dan menyemangati petani dalam acara penanaman pertama Rojolele Srinuk, di Delanggu, Klaten, Rabu (11/11/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tenaga kerja untuk sektor pertanian pada tahun 2020 mengalami peningkatan yakni sekitar 2,23 persen. Itu terjadi karena pandemi Covid 19 telah membawa disrupsi pada sektor ketenagakerjaan. 

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Perekonomian, Musdhalifah Machmud mengatakan kondisi ini dianggap sebagai peluang bagi masyarakat. 

Menurut Musdhalifah, pergeseran semacam ini bagi masyarakat untuk menambah penghasilan. Apalagi sektor pertanian dinilai tangguh terhadap goncangan krisis seperti pandemi Covid-19.

"Ada pergeseran tenaga kerja ke sektor pertanian sehingga jumlah yang ada di sektor pertanian dan kelautan menjadi 38,23 juta pekerja," kata Musdhalifah, melalui keterangan tertulis, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Kawal Jalannya Pemungutan Suara Pilkada Depok 2020, TNI-Polri Siagakan 1.098 Personel 

Musdhalifah mengatakan, sejauh ini sektor pertanian cukup tangguh dengan capaian positif pada kuartal II sebesar 2,19 persen (yoy) dan kuartal III sebesar 2,15 persen (yoy).

Sementara itu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan kekuatan besar dalam membuka banyak lapangan kerja. 

Untuk itu, Syahrul menambahkan perlu inovasi dan terobosan baru yang melibatkan generasi muda dalam mengoptimalkan potensi yang ada.

"Berbicara ekspor berarti kita bicara perluasan lapangan pekerjaan, karena itu menjadi konsen pemerintah agar manfaat ekspor bisa dirasakan langsung oleh masyarakat luas," tutupnya. 

Baca juga: Sebagai Bentuk Apresiasi Pemprov Banten akan Bangun Sekolah Khusus Kaum Disabilitas di Tangerang

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved