Breaking News:

Transportasi

Pengguna Layanan Teman Bus di 5 Kota Tembus 1,5 Juta Penumpang

Hingga 2 Desember 2020 jumlah pengguna layanan Teman Bus di lima kota, yakni Palembang, Solo, Bali, Medan, dan Yogyakarta mencapai 1.555.970 orang.

Warta Kota/Mochammad Dipa
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi saat webinar Teman Bus, Jumat (4/12/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Pada Juni lalu, Kementerian Perhubungan telah meluncurkan layanan angkutan perkotaan berbasis aplikasi bernama Teman Bus (Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman).

Layanan bus dengan skema buy the service (BTS) ini mendapat antusiasme tinggi dari warga.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, hingga 2 Desember 2020 jumlah pengguna layanan Teman Bus yang ada di lima kota, yakni Palembang, Solo, Bali, Medan, dan Yogyakarta mencapai 1.555.970 penumpang.

“Jadi sudah cukup banyak yang gunakan buy the service (BTS) kami di lima kota besar, padahal belum semua penuh koridornya, ada kota yang baru buka dua koridor dari lima koridor, belum maksimal,” ucap Budi saat webinar Teman Bus, Jumat (4/12/2020).

Menurutnya, pemerintah juga masih mengatur bus umum sekitar 75 persen tidak digunakan seluruhnya karena pandemi, kalau sudah bisa 100 persen apalagi ketika di Bali turis wisatawan hidup lagi, pasti besar penggunanya

Kapasitas penumpang

Budi menyebutkan, dari kelima kota tersebut, kapasitas penumpang (load factor) yang cukup besar ada di Solo yaitu mencapai 48 persen, lalu Medan mencapai 25 persen meskipun koridornya belum banyak. “Jadi memang masyarakat merasakan layanan Teman Bus ini sesuai dengan keinginannya,” sebut Budi.

Budi menyebutkan, layanan Teman Bus ini akan hadir kembali di lima kota pada tahun 2021. Kelima kota tersebut diantaranya Surabaya, Bandung, Banjarmasin, Makassar dan Banyumas.

“Selain lima kota (tambahan) tersebut, (kota) berikutnya kami sedang lakukan kajian untuk di Jayapura untuk mendukung PON (Pekan Olahraga Nasional) 2021,” ungkapnya.

Budi menargetkan pada 2021, pengguna layanan Teman Bus bisa lebih dari 10 juta orang pada 10 kota besar.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Ichwan Chasani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved