Breaking News:

Dua Rakaat Salat Hajat untuk Mohon Kabulkan Doa, ini Waktu dan Tata Caranya

Untuk pelaksanaan salat hajat bisa dilakukan pada pagi hari, bersamaan dengan waktu salat dhuha, siang hari, atau malam hari bersamaan salat tahajud.

Tribun Bangka
Salat hajat merupakan salah satu salat sunnah dalam ajaran agama Islam. Diketahui, bahwa salat hajat berjumlah dua rakaat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Salat hajat merupakan salah satu salat sunnah dalam ajaran agama Islam.

Diketahui, bahwa salat hajat berjumlah dua rakaat.

Untuk pelaksanaan salat hajat bisa dilakukan pada pagi hari, bersamaan dengan waktu salat dhuha, siang hari, atau malam hari bersamaan dengan waktu salat tahajud.

Baca juga: Viral Video Detik-detik Sopir Ojol Lawan 4 Begal Motor Bercelurit hingga Bikin Kabur Kocar-kacir

Baca juga: Diperingati Setiap 1 Desember, ini Arti Pita Merah di Hari AIDS Sedunia

Baca juga: Pemilik Distro Ditangkap karena Lecehkan 16 Gadis saat Mencoba Pakaian di Tokonya 

Dilansir dari TribunSurya, Ustadz Abdul Somad menjelaskan, sebelum melaksanankan salat hajat, wajib hukumnya membaca niat.

"Shalat Hajat itu kata Nabi, (maksudnya) adalah sebaik-baik doa adalah didahului shalat dua rakaat. Shalat dua rakaat dulu baru minta hajat, baca niat ushalli sunah hajat (niatkan hajatnya)," kata Ustadz Abdul Somad dikutip dari ceramahnya yang diunggah di YouTube.

"Setelah Shalat dua rakaat, baru mohon kepada Allah. Jadi setelah Shalat sunah dua rakaat, kemudian berdoa maka otomatis sama dengan Shalat Hajat," jelasnya.

Cara Membaca Doa Shalat Hajat

Ustadz Abdul Somad dalam ceramahnya di Youtube berjudul "Ustadz Abdul Somad Shalat Sunah Taubat, Hajat, dan Tahajud, dimanakah waktu terbaik berdoa?" Pada 12 Desember 2019, menjelaskan waktu tepat membaca doa.

"Berdasarkan hadist riwayat Muslim, orang yang paling dekat dengan Allah SWT waktu sujud, sujud terakhir Shalat Hajat, sujud terakhir Salat Tahajud, sujud terakhir Shalat Witir. Mintalah sebanyak-banyaknya di sujud itu,"

"Tapi tidak boleh pakai bahasa Indonesia, kalau diucapkan di salat, batal salatnya. Maka dalam hati saja," jelas Ustadz Abdul Somad.

"Berapa lama sujudnya? Waktu nabi sedang sujud terakhir (dalam Shalat) dicubit Aisyah, setelah shalat Nabi tanya ada apa. Kata Aisyah, 'kusangka engkau sudah sakaratul maut', maka berlama-lama lah sujud, itu waktu pertama. Yang kedua, setelah tasahud (tahiyat akhir dalam shalat)," tutup Ustadz Abdul Somad.

Halaman
1234
Editor: Mohamad Yusuf
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved