Virus Corona

Kota Bandung Masuk Zona Merah, Ridwan Kamil Beri Peringatan Warga Tak Liburan ke 6 Daerah Ini

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi peringatan agar warga tidak liburan ke Bandung karena masuk kategori zona merah

instagram@ridwankamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil umumkan 6 wilayah di Jawa Barat masuk zona merah covid dan dianjurkan tak usah pergi ke daerah itu 

WARTAKOTALIVE.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi peringatan agar warga tidak liburan ke Bandung karena masuk kategori zona merah. 

Mengingat cuti bersama akan tiba pada akhir Desember, untuk antisipasi bertambahnya kasus Covid sebaiknya tidak pergi dulu ke Bandung

Menurut data level kewaspadaan Covid-19 di Jawa Barat ada enam daerah masuk zona merah.

Zona merah berarti memiliki tingkat risiko penyebaran virus corona yang tinggi.

Selain itu, jumlah pasien di daerah tersebut tergolong tinggi.

Baca juga: Kota Depok Dapat Bantuan Pemerintah Pusat 1,2 Triliun, Ridwan Kamil Minta Fokus Tingkatkan 3 Hal Ini

Adapun 6 daerah zona merah di Jawa Barat yaitu Kabupaten Indramayu, Purwakarta, Karawang, Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Banjar.

Lalu, 19 daerah di Jabar berstatus zona oranye, atau tingkat risiko sedang. Hanya Kabupaten Cianjur dan Pangandaran yang berstatus zona kuning.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk tidak berpergian jauh dan tidak berwisata ke daerah yang berstatus zona merah seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

“Sudah saya umumkan kemarin, pertama kalinya Kota Bandung jadi zona merah, sehingga saya mengimbau minggu ini para wisatawan menahan diri dulu untuk tidak ke Bandung Raya, karena zonanya lagi merah. Sedang proses pengendalian lebih baik lagi,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam siaran pers yang diterima media, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Jangan Berpergian Jauh Dulu dan Hindari Kerumunan

Banyaknya daerah yang masuk kategori berisiko tinggi disebabkan adanya peningkatan kasus yang dipicu kegiatan masyarakat pada libur panjang akhir Oktober 2020.

Emil mengimbau masyarakat Jabar untuk menahan diri dan menghindari kerumunan.

“Cerita dari libur panjang itu menunjukkan ada peningkatan (kasus Covid-19). Oleh karena itu, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, saya kira kita menahan diri dulu, tidak berpergian terlalu jauh, kemudian tidak berkerumun,” ucap Emil.

Emil pun melaporkan, tingkat keterisian ruang isolasi rumah sakit rujukan di kawasan Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) dan Bandung Raya (Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang) sudah lebih dari ambang batas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 60 persen.

“Keterisian di Depok ada rata-rata di 80 persen. Ini juga mewakili rata-rata se-Jawa Barat, khususnya yang Bodebek dan Bandung Raya. Tapi, kalau di luar itu relatif masih di bawah 60 persen. Di Bodebek dan Bandung Raya sudah terjadi peningkatan,” kata dia.  

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved