Breaking News:

Berita Video

VIDEO Bus Sekolah DKI Jakarta Evakuasi 6.666 Pasien Covid-19 Selama Delapan Bulan Pandemi

UPAS Dishub DKI telah mengevakuasi pasien terkonfirmasi Covid-19 ke RS rujukan dan tempat isolasi khusus sejak 7 April 2020.

UPAS Dishub DKI
Evakuasi pasien Covid-19 menggunakan bus sekolah untuk dibawa ke RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, CILINCING - Sebanyak 6.666 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 telah dievakuasi jajaran Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. 

Kepala UPAS Dishub DKI Jakarta Ali Murthado mengatakan pihaknya telah melakukan evakuasi pasien terkonfirmasi Covid-19 ke RS rujukan dan tempat isolasi khusus sejak 7 April 2020.

"Sampai tanggal 1 Desember 2020 jumlah pasien terkonfirmasi se-Jakarta yang sudah dievakuasi bus sekolah sebanyak 6.666 orang," kata Ali, Rabu (2/12/2020). 

Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Gaji Anggota DPRD DKI Diusulkan Rp 8,38 Miliar Per Tahun, ini Rinciannya

Baca juga: Baru Dilahirkan, Bayi di Madiun Terpapar Covid-19

Baca juga: Tahu Rumah Ibundanya di Madura Diserbu Massa, Mahfud MD Langsung Lakukan Langkah ini

Ali menambahkan evakuasi tersebut dilakukan berdasarkan permintaan dari pihak puskesmas kecamatan dari masing-masing lokasi pasien terkonfirmasi Covid-19. 

"Pernah kita melakukan evakuasi pukul 02.00 WIB, intinya baik lokasi dan waktu penjemputan dilakukan berdasar permintaan Puskesmas yang menangani," katanya.

Selama proses evakuasi, setiap awak bus sekolah mengenakan alat perlindungan diri lengkap (APD) level 3 sebagaimana yang digunakan oleh tenaga kesehatan.

12 unit bus sekolah telah dimodifikasi meliputi pemberian sekat antara awak bus dengan kursi penumpang guna mencegah kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 saat evakuasi.

Baca juga: Viral Video Detik-detik Sopir Ojol Lawan 4 Begal Motor Bercelurit hingga Bikin Kabur Kocar-kacir

Baca juga: Diperingati Setiap 1 Desember, ini Arti Pita Merah di Hari AIDS Sedunia

Baca juga: Pemilik Distro Ditangkap karena Lecehkan 16 Gadis saat Mencoba Pakaian di Tokonya 

Pasalnya hingga saat ini tercatat sebanyak 24 awak bus sekolah yang melayani evakuasi pasien terkonfirmasi dan antar jemput tenaga kesehatan menangani pasien Covid-19.

"Tapi semuanya sudah sembuh dan sekarang kembali bertugas. Sejak awal pandemi sampai sekarang kita terus melakukan evakuasi pasien dan antar jemput tenaga kesehatan," ucapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Mohamad Yusuf
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved