Breaking News:

VIDEO Kuasa Hukum beberkan Alasan Habib Rizieq Shihab Tak Penuhi Panggilan Penyidik

Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan pihaknya menemui penyidik mewakili Habib Rizieq.

Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar (baju cokelat) di Mapolda Metro Jaya, usai bertemu penyidik, Selasa (1/12/2020) sore. 

WARTA KOTA, SEMANGGI -- Habib Rizieq Shihab melalui tim kuasa hukumnya akhirnya mendatangi penyidik Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (1/12/2020) sore sekitar pukul 16.00.

Mereka datang untuk menyampaikan alasan tak bisa hadirnya Habib Rizieq memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa, Selasa.

Sedianya Habib Rizieq diperiksa sebagai saksi terkait tindak pidana pelanggaran protokol kesehatan saat kerumunan di acara akad nikah putri Habib Rizieq di Petamburan, Sabtu (14/11/2020) dan acara di Tebet, Jumat (13/11/2020) lalu.

Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan pihaknya menemui penyidik mewakili Habib Rizieq.

"Jadi beliau tidak mangkir,  beliau hadir diwakili oleh kita tim kuasa hukun dari Bantuan Hukum FPI," kata Aziz di Mapolda Metro Jaya, usai bertemu penyidik, Selasa sore.

Baca juga: VIDEO Tunggu Kedatangan Rizieq Shihab, Polda Metro Siagakan Barakuda, Water Canon & Pasukan Bermotor

Mengenai tidak hadirnya Habib Rizieq dan harus mereka wakili, menurut Aziz alasannya jelas dan sudah disampaikan ke penyidik.

"Tim kuasa hukum Habib Rizieq menyampaikan alasan tidak dapat memenuhi pemeriksaan dimaksud, dengan alasan beliau sedang masih beristirahat, terkait bahwa beliau pada Sabtu 28 November yang lalu, baru saja keluar dari RS Ummi, Bogor setelah beristirahat di sana. Artinya beliau masih dalam tahap pemulihan," kata Aziz, yang juga Wakil Sekertaris Umum FPI.

Baca juga: Tidak Hadiri Pemeriksaan, Dimana Keberadaan Habib Rizieq Shihab Sekarangi? Ini Jawaban Kuasa Hukum

Menurut Aziz, penyidik sangat mengerti dan menerima alasan yang disampaikan tim kuasa hukum.

"Alhamdulillah pihak penyidik menerima dengan baik alasan dari kami dan pihak Habib Rizieq sangat mengapresiasi. Kemudian juga penyidik sangat mengerti alasan kemanusiaan dan alasan kesehatan, terkait pemenuhan kondisi kesehatan Habib Rizieq Syihab. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada kepolisian," paparnya.

Aziz mengakui saat itu penyidik meminta surat keterangan sakit dari rumah sakit. Namun tim kuasa hukum tidak dapat memberikannya.

Baca juga: Penelusuran Tempat Tinggal Habib Rizieq Shihab di Bogor Setelah Tak Dirawat di RS Ummi Bogor

"Tadi sudah dimintakan akan tetapi kita masih proses untuk itu dan membutuhkan waktu," katanya.

Mengenai rencana penyidik yang akan melayangkan panggilan kedua dan menjadwalkan memeriksa Habib Rizieq pada Kamis (3/12/2020) mendatang, Aziz menampiknya.

"Tadi sudah kami sampaikan dan alhamdulillah pihak penyidik sangat mengerti. Dari sisi kemanusian dan privasi Habib Rizieq, dalam memulihkan kesehatannya dalam beristirahat, penyidik mengerti. Artinya beliau sehat akan tetapi sedang masa istirahat dan untuk itu mereka mengerti dan memahami. Jadi insya allah tidak seperti yang dikatakan, diperiksa Kamis," kata Aziz.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved