Breaking News:

Pencurian

Dua Pencuri Spesialis Sepeda Dibekuk Polda Metro, Jual Hasil Curian di Facebook

Dua Pencuri Spesialis Sepeda Dibekuk Polda Metro, Jual Hasil Curian di Facebook. Simak selengkapnya dalam berita ini.

istimewa
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus gelar konpers ungkap kejahatan pencurian spesialis sepeda di Mapolda Metro Jaya, Senin (30/11/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Aparat Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya membekuk dua pemuda pelaku pencurian spesialis sepeda di pemukiman warga di Jakarta Timur dan Bekasi.

Keduanya adalah NV dan MK yang ditangkap di rumah kontrakan mereka di Kampung Jembatan, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pekan lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan modus mereka saat beraksi adalah berpatroli ke pemukiman warga untuk menentukan sasaran dengan mengendarai sepeda motor.

"Yang mereka sasar adalah sepeda bermerek dan biasanya mountain bike atau MTB, yang diparkir di halaman rumah calon korban tanpa pengawasan dari pemiliknya," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin (30/11/2020).

Baca juga: VIDEO Kawanan Begal Sepeda yang Kerap Beraksi di Jakarta Dibekuk Polisi, Pimpinannya Tewas Didor

Setelah mendapatkan target operasinya, menurut Yusri tersangka NV turun dari sepeda motor untuk masuk ke dalam pekarangan rumah korban. "Mereka bisa melompat pagar atau melewati pintu pagar yang tak terkunci untuk mengambil sepeda tersebut," ujarnya.

Dari pengakuan keduanya kata Yusri, mereka sudah 5 kali beraksi di Jakarta Timur dan Bekasi. Meski begitu katanya pihaknya masih mendalami lagi karena bukan tidak mungkin mereka sudah beraksi lebih dari 5 kali.

"Sepeda hasil curian akan mereka jual atau tawarkan melalui media sosial facebook. Rata-rata sepeda yang mereka curi harganya Rp 10 Juta ke atas, dan akan mereka jual dengan harga murah jauh dibawah harga pasaran," ujar Yusri.

Dari beberapa aksi keduanya, menurut Yusri, ada yang tertangkap kamera CCTV dan sempat viral di media sosial.

Karena perbuatannya tambah Yusri keduanya akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, yang ancaman hukumannya 9 tahun penjara.

"Ke depan kami mengimbau warga masyarakat yang memiliki sepeda, apalagi harganya cukup mahal, agar dikunci jika disimpan di halaman rumah. Atau agar lebih aman, disimpan di dalam rumah jika memungkinkan," katanya.

Baca juga: Tahun Lalu Total Kekayaan Edhy Prabowo Rp 7,4 Miliar, Punya Sepeda Sport Seharga Rp 65 Juta

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved