Breaking News:

Berita Video

VIDEO Ada Surat Suara Pilkada Tangsel yang Sudah Rusak dari Percetakan, Ketahuan Saat Mau Dilipat

Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan temuan sejumlah surat suara yang rusak itu didapati saat dilakukan pelipatan surat suara. 

Warta Kota/Rizki Amana
Surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel yang terletak di Gudang KPU Kota Tangsel. (Warta Kota/Rizki Amana) 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan (KPU Kota Tangsel) temukan sejumlah surat suara dalam kondisi rusak. 

Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan temuan sejumlah surat suara yang rusak itu didapati saat dilakukan pelipatan surat suara. 

Menurutnya, surat suara itu ditemukan dengan berbagai kerusakan pada bagiannya. 

"Dari tiga hari kemarin kita melaksanakan surat suara, ditemukan di hari pertama, kemudian hari kedua, dan ketiga ada beberapa yang surat suaranya tidak memenuhi syarat. Antara lain ada surat suara yang sobek di satu sisinya. Kemudian kelebihan kertas, potongannya itu kelebihan, kemudian ada potongannya tidak presisi atau simetris, dia memotong tidak sesuai dengan garis," kata Bambang saat ditemui di bilangan Rawa Buntu, Serpong, Jumat (27/11/2020)

"Kemudian ada yang sisi luar surat suara tidak tercetak yang tempat untuk menuliskan nama TPS, Kelurahan dan lain sebagainya itu tidak tercetak. Kemudian ada yang keruh, atau lecak itu juga ada," sambungnya. 

Bambang menuturkan kerusakan tersebut didapat bukan saat proses pelipatan dilakukan oleh puluhan tenaga pelipat itu. 

Melainkan sejumlah surat suara itu memang didapati dalam kondisi rusak dari asal percetakannya. 

"Dominannya dari percetakan yang paling banyak tadi yang saya perhatikan adalah salah satu sisi, yaitu sisi luar surat suara tidak tercetak," jelasnya. 

Adapun sejumlah saat suara yang rusak itu bakal dimusnahkan pihak KPU sebelum melangsungkan pelaksanaan pencoblosan. 

"Kalau yang kekurangannya tentu nanti kita akan rekap terlebih dahulu meminta kekurangan kalau ada kekurangan. Kemudian surat suara yang tadi dalam kategori tidak memenuhi syarat tentunya akan kita musnahkan berbarengan kalau ada surat suara yang lebih dari percetakan," pungkasnya. (m23) 

Penulis: Rizki Amana
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved