Breaking News:

Sport

Duta Besar RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie: Masyarakat Antar Pemakaman Maradona

Duta Besar RI untuk Argentina, Niniek Kun Naryatie, menyeritakan prosesi pemakaman legenda sepak bola Argentina dan dunia, Diego Armando Maradona.

EUROSPORT
Terlihat ada dua fans sepak bola Argentina, satu pendukung Boca Juniors dan satu lagi River Plate, yang berpelukan dalam isak tangis di luar tempat persemayaman akhir Diego Armando Maradona di Casa Rosada, Buenos Aires, pada Kamis (26/11/2020). 

Menurut Niniek, suasana di Argentina sangat berkabung atas kepergian sang legenda.

Ribuan masyarakat di Argentina melayat jenazah Maradona yang sebelumnya disemayamkan di Istana Casa Rosada atau Istana Kepresidenan.

Setelah disemayamkan di Istana Kepresidenan, jenazah Maradona dikebumikan di pemakaman Jardin Bellas Vista, Buenos Aires, Argentina, Kamis (26/11/2020) sore waktu setempat

“Pemakanan dilaksanakan secara tertutup atau private. Hanya untuk keluarga terdekat saja,” kata Niniek kepada Tribunnews.com, Jumat (27/11/2020).

Saat prosesi pemakaman, ribuan fans Maradona terlihat di luar gerbang pemakaman.

“Banyak masyakart yang mengantarkan jenazah Maradona ke pemakaman. Tetapi tidak bisa masuk, karena terbatas. Padahal di sini juga masih dalam masa PSBB,” ujar Niniek.

Niniek kecewa tak sempat melayat jenazah Maradona saat disemayangkan di Istana Kepresidenan.

Meski demikian, dia secara khusus dan atas nama Indonesia sudah mengirimkan ucapan belasungkawa secara tertulis kepada Kementerian Luar Negeri Argentina.

“Para Duta Besar diberi kesempatan untuk berikan penghormatan terakhir ketika jenazah disemayamkan di istana Casa Rosada menjelang pemakaman,” tutur Niniek.

“Tetapi sayang info kesempatan itu sangat terlambat. Saya terima jadi dan tidak ke istana. Tetapi, saya  sudah mengirim ucapan belasungkawa secara tertulis melalui Kementerian luar negeri Argentina,” jelasnya.

Seperti diketahui, Maradona meninggal dunia di Buenos Aires pada Rabu (25/11/2020) setelah dinyatakan henti jantung.

Maradona jadi ikon sepak bola di Argentina dan dunia atas prestasi gemilangnya.

Salah satu yang tak terlupakan yakni Maradona membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 1986.

Dalam ajang tersebut, Maradona juga jadi sorotan berkat gol 'Tangan Tuhan' yang terjadi di laga kontra Inggris pada babak perempat final dan membawa Argentina menang 2-1 atas Inggris.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Sigit Nugroho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved