Breaking News:

VIDEO Pengrajin dan Penjual Perabotan Rumah Tangga di Cawang yang Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

Masyarakat dari segala penjuru Jakarta berburu kompor minyak ke daerah Cawang ini karena menjadi sentra atau pusat penjualan dengan harga yang murah.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pengrajin dan pedagang perabotan rumah tangga di Cawang, jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, tengah membuat pesanan pelanggan seperti dandang atau ember stainless steel serta melayani perbaikan perabot rumah tangga yang rusak. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Cawang Kompor, daerah ini dikenal di masyarakat meskipun sebenarnya berada di Jalan Dewi Sartika Jakarta Timur.

Sebelum tahun 2007 banyak penjual kompor minyak tanah dikedua sisi jalan ini.

Masyarakat dari segala penjuru Jakarta berburu kompor minyak ke daerah Cawang ini karena menjadi sentra atau pusat penjualan dengan harga yang murah.

Sejak dimulainya program konversi minyak tanah ke gas pada tahun 2007 oleh pemerintah, perlahan kepopuleran daerah ini meredup karena masyarakat sudah beralih menggunakan bahan bakar gas.

Baca juga: VIDEO Melihat Produksi Masker Rumahan, Unik dan Berkarakter Jadi Nilai Jual

Hingga kini hanya sedikit para pedagang yang masih menjual kompor minyak tanah.

Jumlah pedagang di kawasan ini pun kian berkurang, mereka yang bisa bertahan karena melakukan inovasi dengan membuat dan menjual oven kompor, oven gas, dan beragam jenis panci dan wajan penggorengan.

Baca juga: 20.000 Pengrajin Berperan Serta Sukseskan Pameran Batik Nasional Secara Virtual

Seperti terlihat pada Kamis (26/11/2020), sejumlah pedagang membuat pesanan pelanggan seperti dandang atau ember stainless steel serta melayani perbaikan perabot rumah tangga yang rusak.

Semenjak pandemi Covid-19 pendapatan para pedagang kian terpuruk, berhari-hari tidak ada satupun pembeli hanya ada yang sekedar melihat dagangan mereka.

Pembeli baru ada pada momen tertentu seperti Idul Fitri, Idul Adha atau hari besar lainnya. Meski begitu pedagang tetap berusaha mencari rezeki sembari berharap keadaan pulih kembali.

Baca juga: Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara Dorong Pengrajin Produksi Kantong Belanja Ramah Lingkungan

TRIBUNNEWS/HERUDIN

Penulis: Herudin
Editor: Murtopo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved