Breaking News:

VIDEO KPU Kota Tangsel Libatkan 22 Tenaga Pelipat Surat Suara untuk Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan (KPU Kota Tangsel) tengah melakukan sejumlah tahapan perhelatan Pilkada 2020 serentak. 

Wartakotalive.com/Rizki Amana
Tenaga pelipat sedang melipat surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel di Gudang KPU Kota Tangsel. (Warta Kota/Rizki Amana)  

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan (KPU Kota Tangsel) tengah melakukan sejumlah tahapan perhelatan Pilkada 2020 serentak. 

Serangkaian tahapan tersebut diantaranya yakni berupa pelipatan surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel di Gudang KPU Kota Tangsel yang bertempat di Jalan Buana Kencana, Rawa Buntu, Serpong. 

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan pelipatan surat suara itu telah berlangsung sejak dua hari yang lalu dengan melibatkan puluhan orang sebagai tenaga pelipat. 

"Pelipatan surat suara, Alhamdulillah ini sudah masuk hari ke dua dari kemarin tanggal 25 November 2020. Kita melibatkan 22 pelipat," kata Bambang saat ditemui di bilangan Serua Indah, Ciputat, Kota Tangsel, Kamis (26/11/2020).

Bambang menuturkan sejumlah tenaga pelipat itu didatangkan pihaknya dari sejumlah wilayah DKI Jakarta. 

Menurutnya langkah itu dilakukan guna mengejar target penuntasan pelipatan jutaan surat suara Pilkada 2020 Kota Tangsel. 

Baca juga: Gelar Rakor Pilkada Serentak, Ganjar Usulkan Penggantian Petugas KPPS yang Tolak Rapid Test

Ditambah, sejumlah orang yang dipekerjakan itu dipilih dari mereka yang telah terbiasa menjadi tenaga pelipat saat pentas politik lima tahunan berlangsung. 

"Yang biasanya kita melibatkan warga setempat di lingkungan Kota Tangerang Selatan, kali ini tidak. Kita menggunakan orang yang memang ahli di dalam melipat dari tenaga percetakan. Jadi memang cepat proses pelipatan ini," kata Bambang. 

Baca juga: Jelang Pilkada Serentak, 800 Ribu Penduduk Belum Rekam KTP-el, Mendagri Ungkap Penyebabnya

"Sebelum ke KPU Kota Tangerang Selatan hari-hari sebelumnya itu dari KPU Karawang. Setelah dari KPU Kota Tangerang Selatan konon kabarnya diminta oleh KPU Kota Surabaya, waktu penyelengaraan di Pemilihan Gubernur DKI, petugas pelipat ini terlibat di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan," lanjutnya. 

Bambang menjelaskan alasan dibatasi ya Jumlah tenaga pelipat mengingat perhelatan Pilkada 2020 Kota Tangsel yang berlangsung di tengah kondisi pandemi covid-19.

Baca juga: KPU Kota Tangsel Beri Upah Rp 150 per Lembar Bagi 22 Tenaga Pelipat Surat Suara Pilkada 2020

Karenanya, tenaga pelipat hanya diperuntukan bagi mereka yang telah berpengalaman di bidang tersebut. 

"Kami mempertimbangkan bagaimana penerapan protokol kesehatan tidak boleh adanya kerumunan, kalu kita melibatkan masyarakat yang kita khawatirkan begitu banyak orang nanti tidak memenuhi protokol kesehatan biasanya akan sulit kita akan mengatur warga ketika kita melibatkan warga tersebut," jelasnya. 

Sementara, pihak KPU Kota Tangsel bakal menarget penuntasan pelipatan jutaan surat suara tersebut pada tlbeberapa hari ke depan. 

"Teman-teman pelipat menyanggupi 3 sampai 4 hari. Kami evaluasi setiap harinya kalau memang nanti tidak terkejar kita akan menambah tenaga," pungkasnya. (m23) 

Penulis: Rizki Amana
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved