Breaking News:

Menkumham Sebut Unit Kepatuhan Internal Membantu Meringankan Tugas Inspektorat Jenderal

Yasonna mengukuhkan Unit Kepatuhan Internal Kemenkumham untuk membantu meringankan tugas Inspektorat Jenderal dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Humas Itjen Kemenkumham
Inspektur Jenderal, Andap Budhi Revianto beserta para Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama Kemenkumham menandatangani perjanjian kinerja dan menerima pengukuhan Unit Kepatuhan Internal (UKI) oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly di Hotel JS Luwansa, Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Pada kegiatan pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Semester II Tahun 2020 Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Inspektur Jenderal, Andap Budhi Revianto beserta para Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama Kemenkumham menandatangani perjanjian kinerja dan menerima pengukuhan Unit Kepatuhan Internal (UKI) oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Penandatanganan perjanjian kinerja merupakan komitmen penerima amanah dan juga kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya manusia yang tersedia oleh karena itu dalam rangka meningkatkan akuntabilitas kinerja di Kemenkumham dilaksanakan penandatangan kinerja secara berjenjang.

"Perjanjian kinerja yang tadi ditandatangani adalah komitmen kita bersama untuk melaksanakan target-target pembangunan di bidang hukum dan HAM yang harus tercapai di tahun 2021. Perjanjian kinerja ini adalah bagian dari implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang harus kita pertanggungjawabkan secara berjenjang dan harus kita sampaikan kepada publik," ucap Yasonna dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Yasonna mengukuhkan Unit Kepatuhan Internal Kemenkumham untuk membantu meringankan tugas Inspektorat Jenderal dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Inspektur Jenderal, Andap Budhi Revianto beserta para Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama Kemenkumham menandatangani perjanjian kinerja dan menerima pengukuhan Unit Kepatuhan Internal (UKI) oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly di Hotel JS Luwansa, Jakarta.
Inspektur Jenderal, Andap Budhi Revianto beserta para Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama Kemenkumham menandatangani perjanjian kinerja dan menerima pengukuhan Unit Kepatuhan Internal (UKI) oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly di Hotel JS Luwansa, Jakarta. (Dok. Humas Itjen Kemenkumham)

"Fungsi Unit Kepatuhan Internal ini adalah membantu pimpinan unit kerja meningkatkan efektivitas pengendalian intern, mengelola manajeman resiko, meningkatkan kepatuhan ASN terhadap kode etik dan disiplin, memastikan bahwa hasil pegawasan ditindaklanjuti, meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, serta memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi dilaksanakan sesuai ketentuan dan regulasi," ujarnya.

"Unit Kepatuhan Internal ini akan menjadi quality assurance pada organisasi masing-masing," kata Guru Besar Kriminologi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian tersebut. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved