Breaking News:

Berita Bekasi

64 Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi Peroleh Bantuan Dana Terdampak Covid-19 dari Kemenag

Bantuan diberikan kepada pesantren dan pendidikan keagamaan Islam yang aktif menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan terdaftar di Kantor Kemenag.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Feryanto Hadi
istimewa
Ilustrasi santri pondok pesantren 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI---- Sebanyak 64 Pondok Pesantren bakal memperoleh Bantuan Operasional Pesantren (BOP) terdampak Covid-19 dari Kementerian Agama.

Demikian diutarakan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bekasi, Shobirin, pada Selasa (24/11/2020).

Shobirin menjelaskan bantuan diberikan kepada pesantren dan pendidikan keagamaan Islam yang aktif menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan terdaftar di Kantor Kemenag.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi baik bagi Pondok Pesantren maupun lembaga pendidikan keagamaan Islam untuk mendapatkan bantuan itu.

Baca juga: Dinas Kesehatan Kota Bekasi Ikut Tim Survei Jelang Dimulainya KBM Tatap Muka di Sekolah

“Yakni aktif menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan terdaftar pada kementerian Agama yang dibuktikan dengan Nomor Statistik Lembaga/Surat Keterangan dari kepala Kankemenag,” kata Shobirin.

Shobirin menambahkan tidak semua bantuan operasional itu diberikan bagi pesantren, saat ini data di Kabupaten Bekasi ada 219 pondok pesantren. Dari jumlah itu hanya 64 yang dapat bantuan.

“Bantuan operasional itu diharapkan bisa bermanfaat, menyusul adanya pandemi covid-19, serta bisa dimaksimalkan untuk penanganannya di lingkungan pondok pesantren,” tutupnya.

Diketahui, Kementrian Agama memberikan anggaran Rp2,599 triliun untuk membantu pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan Islam di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Pemkot Bekasi Wajibkan Tiap Kelurahan Tes Swab 20 Warga per Minggu

Anggaran ini disalurkan dalam bentuk Bantuan Operasional (BOP) untuk 21.173 pesantren, terdiri atas: 14.906 pesantren dengan kategori kecil (50-500 santri), 4.032 pesantren kategori sedang (500-1.500 santri), dan 2.235 pesantren kategori besar dengan santri di atas 1.500 orang.

Selain bantuan operasional, Kemenag juga memberikan bantuan pembelajaran daring kepada 14.115 lembaga.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved