Breaking News:

Ke Penyidik, Wagub DKI Akui Hadir Dalam Acara Maulid Nabi di Tebet, yang Turut Dihadiri Habib Rizieq

Riza mengaku acara Maulid Nabi di Jalan Tebet Raya, Jakarta Selatan, pada Jumat (13/11/2020) pagi, berbeda dengan acara Maulid Nabi sebelumnya.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Mohamad Yusuf
Warta Kota/Budi Malau
Selama 8 jam, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dicecar 46 pertanyaan oleh penyidik Polda Metro Jaya dalam undangan klarifikasi, Senin (23/11/2020). Pemeriksaan itu terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan oleh Habib Rizieq Shihab (HRS). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Selama 8 jam, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dicecar 46 pertanyaan oleh penyidik Polda Metro Jaya dalam undangan klarifikasi, Senin (23/11/2020).

Pemeriksaan itu terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan oleh Habib Rizieq Shihab (HRS).

Riza mengaku di acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan yang dihadiri Rizieq Shihab, dirinya hadir memenuhi undangan dari Majelis Taklim Al Afaf pimpinan Al Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf. 

"Saya sebelumnya sudah berkali-kali hadir dalam berbagai kegiatan maulid nabi saat pandemi. Semua yang saya hadiri selama ini semuanya memenuhi protokol kesehatan Covid-19," kata Riza di Mapolda Metro Jaya, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Kisah Wanita Berjuang Bangun Rumah di Tanah Mertua dari Nol, Malah Berakhir Diusir 

Baca juga: Viral Mobil Dinas Komisioner KPU NTB Parkir di Jalan hingga Dirikan Kanopi

Baca juga: Pernah Copot Kapolsek yang Tidur saat Rapat, ini Profil Irjen Fadil Imran Kapolda Metro yang Baru

Ia mengaku acara Maulid Nabi di Jalan Tebet Raya, Jakarta Selatan, pada Jumat (13/11/2020) pagi, berbeda dengan acara Maulid Nabi sebelumnya yang pernah ia hadiri.

"Dimana jumlah massa lebih banyak," kata Riza.

Menurutnya massa yang hadir di Tebet, jauh lebih banyak dari acara serupa yang pernah ia hadiri.

"Selama ini sejauh yang saya ketahui, itu semuanya memenuhi protokol kesehatan dengan jarak yang lebih baik, menggunakan masker, cuci tangan dan sebagainya. Di Tebet juga ada laskar melakukan pengawasan dan penjagaan walau jumlahnya lebih banyak dari yang lain," katanya.

Riza diperiksa penyidik Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk diklarifikasi acara HRS.

Ia datang ke Polda Metro Jaya, pukul 11.00 WIB dan selesai diperiksa sekitar pukul 19.00.

Riza mengaku menjawab semua pertanyaan yang diajukan penyidik dan menyampaikan sesuai fakta dan apa adanya soal peraturan dan undang-undang tentang protokol kesehatan.

"Saya sudah klarifikasi tidak ada yang ditambah dan dikurang. Tadi saya ditanya ada 46 pertanyaan 16 halaman. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada media tentang Covid-19 yang telah mensosialisasikan agar kita bisa mencegah Covid-19," kata Riza, di Mapolda Metro Jaya, Senin (23/11/2020).

Pertanyaan yang diajukan penyidik, kata Riza diantaranya terkait identitas tugas, pekerjaan dan jabatan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kemudian pertanyaan terkait kerumunan acara di Tebet, Jaksel dan di Petamburan, Jakpus.

Selain itu, kata Riza secara struktur Pemprov DKI Jakarta sudah diperiksa penyidik untuk klarifikasi terkait dua acara di Tebet dan Petamburan.

Baca juga: Penumpang Melahirkan di Pesawat Lion Air Bikin Heboh, Begini Kronologinya

Baca juga: Pihak Istana Pastikan Pencopotan Kapolda Metro atas Perintah Jokowi, ini Penjelasannya

Baca juga: Fadli Zon Ingatkan Bahwa Gubernur Membawahi Kapolda dan Pangdam

"Jadi hari ini selain saya dari Pemprov DKI Jakarta yang diperiksa ada dari Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif, Gubernur juga sudah. Kemudian Kasatpol PP sudah, Dinas Kesehatan sudah, Biro Hukum, Camat dan RT/RW juga sudah. Secara struktu semua sudah diperiksa," katanya.

"Selanjutnya kami serahkan kepada penyidik Polda Metro Jaya untuk menggali, mencari data. Tentu kami harapkan dari data dan fakta yang kami sampaikan bisa memberikan keterangan fakta secara jelas, rinci dan terang benerang bisa digunakan untuk mengambil tindakan yang adil dan profesional," ujarnya. (bum)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved