Breaking News:

Berita Bekasi

Gebyar Festival Boneka Maskot Kota Bekasi Bang Bek dan Mpok Asih Digelar dengan Protokol Kesehatan

Gebyar Festival Boneka Maskot Kota Bekasi Bang Bek dan Mpok Asih 2020 digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Humas Pemkot Bekasi
Gebyar Festival Boneka Maskot Kota Bekasi Bang Bek dan Mpok Asih 2020 digelar dengan protokol kesehatan ketat. Foto: Wakil Walu Kota Bekasi Tri Adhianto saat menghadiri Gebyar Festival Boneka, Mustikajaya, Bekasi, Sabtu (21/11/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, MUSTIKAJAYA -- Gebyar Festival Boneka Maskot Kota Bekasi Bang Bek dan Mpok Asih 2020 digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Pemkot Bekasi menggelar Gebyar Festival Boneka Tahun 2020 bertema maskot Bang Bek dan Mpok Asih.

Acara diadakan di area Stadion Mini Mustika Jaya Kota Bekasi, Sabtu hingga Minggu, 21-22 November 2020, dengan protokol kesehatan yang ketat.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kariman secara langsung datang untuk membuka festival secara resmi.

Tri menjelaskan, Bang Bek dan Mpok Asih merupakan maskot resmi Kota Bekasi, sehingga digelarnya acara tersebut diharapkan bisa memberikan informasi kepada masyarakat.

"Diharapkan melalui acara ini segenap masyarakat dapat mengetahui dan menimbulkan rasa memiliki Kota Bekasi, kata Tri melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (21/11/2020).

Baca juga: Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka di SD dan SMP di Kota Bekasi Mulai 11 Januari 2021

Baca juga: 7 Spanduk Rizieq Shihab Diturunkan Petugas Satpol PP Kota Bekasi bersama TNI dan Polisi

Tri menegaskan kepada para panitia penyelenggara untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar digelarnya festival tidak menjadi klaster baru dan meningkatkan penyebaran di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kariman mengatakan, penyelenggaraan Gebyar Festival Boneka sebagai bentuk apresiasi serta dalam rangka meningkatkan motivasi bagi pengembangan sektor usaha Industri Kecil dan Menengah di Kota Bekasi khususnya industri boneka.

Terlebih lagi, Kota Bekasi telah memiliki maskot baru, Bang Bek dan Mpok Asih yang secara resmi telah mendapat Hak Cipta berdasarkan Surat Pencataan Ciptaan yang dikeluarkan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI yang di tandatangi oleh Dirjen HAKI, Dr. Freddy Harris tanggal 15 Febuari 2018 lalu.

Kariman mengatakan, se-Indonesia baru ada 3 wilayah yg memiliki maskot. Surabaya dengan Buaya, Malang dengan Apelnya sedangkan Kota Bekasi dengan Bang Bek dan Mpok Asih.

"Kita adakan gebyar festival boneka dengan berbagai lomba bertemakan maskot Bang Bek dan Mpo Asi agar lebih dikenal masyarakat dan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Kariman.

Baca juga: Buat Jalur Sepeda, Dishub Kota Bekasi Gaungkan Konsep Park and Ride

Bang Bek ialah sebutan untuk boneka pria berkumis 'baplang' dengan gaya jagoan asal Bekasi yang mengenakan kostum pangsi hitam beserta sandal, melambangkan jawara Bekasi.

Sedangkan untuk boneka perempuan khas Kota Bekasi diberi nama dengan Mpo Asi, yang menggunakan kostum encim untuk melambangkan wanita asal Kota Bekasi.

Festival Boneka 2020 diisi dengan berbagai kegiatan kompetisi lomba dan promosi bazaar produk unggulan IKM Kota Bekasi. Jenis perlombaan yang diadakan meliputi lomba Animasi Film Pendek Bang Bek dan Mpo Asi, lomba cipta cenderamata bertemakan maskot boneka Kota Bekasi, dan lomba kreasi Bang Bek dan Mpo Asi.

"Total hadiah yang kami sediakan mencapai puluhan juta rupiah untuk menambah modal para IKM agar lebih berkembang dan meningkatkan penghasilannnya," tuturnya. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved