Breaking News:

Pelabuhan Baru di Pantai Utara Bakal Dilengkapi Jalur KA

Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo menyatakan, Kemenhub menyiapkan angkutan berbasis rel ke Pelabuhan Patimban

Editor: Ign Prayoga
(Dokumentasi Humas Pemprov Jabar)
Proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jabar. Pelabuhan Patimban rencananya akan mulai dioperasikan pada Desember 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, PALMERAH -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka jalur Kereta Api (KA) ke Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo menyebutkan, Pelabuhan Patimban akan memiliki fasilitas KA untuk mengangkut barang hingga ke dermaga di pelabuhan.

"Kita akan siapkan angkutan berbasis rel itu, untuk bisa mengantarkan barang hingga ke dermaga di Pelabuhan Patimban," ucap Agus dalam diskusi virtual, Jumat (20/11/2020).

Tetapi, Agus tidak menyebutkan rute KA ini. Meski begitu, fasilitas KA ini dipastikan akan ada untuk melengkapi akses menuju Pelabuhan Patimbang selain eksisting dan tol yang akan dibangun.

"Jadi, menuju Pelabuhan Patimban memiliki banyak akses mulai dari KA, jalan tol dan jalan eksisting yang akan dibangun nantinya," ujar Agus.

Jalan tol menuju Pelabuhan Patimban akan dibangun sepanjang 36 kilometer. "Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, nantinya akan segera melakukan ground breaking terkait pembangunan jalan tol menuju Pelabuhan Patimban ini," kata Agus.

Menurutnya, pembangunan jalan tol menuju Pelabuhan Patimban ditargetkan selesai pada tahun 2023.

Baca juga: Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Sekolah Sebelum Kembali Gelar Belajar Tatap Muka pada Januari 2021

Saat ini, Pelabuhan Patimban tengah dalam proses penyelesaian tahap 1 yaitu penyelesaian Terminal Peti Kemas seluas 35 hektar dengan kapasitas 250.000 TEUs dan Terminal Kendaraan seluas 25 hektar dengan kapasitas 218.000 CBU.

Area yang sudah siap dimanfaatkan adalah Dermaga Kendaraan seluas 350 m x 33 m dengan kapasitas 218.000 CBU.

Selain itu, jalan menuju pelabuhan juga sudah siap dioperasikan. Jalan akses itu sepanjang 8,2 kilometer dari jalan raya Pantura.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved