Breaking News:

Berita Bogor

Belajar Tatap Muka Mulai Tahun 2021, Disdik Kabupaten Bogor Siapkan Monev Sesuai Protokol Kesehatan

Belajar tatap muka mulai tahun 2021, Diknas Kabupaten Bogor siapkan monev sesuai protokol kesehatan

Warta Kota/Muhammad Azzam
Ilustrasi belajar tatap muka 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG -  Setelah menjalani program pembelajaran jarak jauh selama sembilan bulan karena pandemi Covid-19, pemerintah membuka opsi pembelajaran tatap muka mulai awal 2021 nanti.

Hal itu ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Jumat (20/11/2020).

Nadiem kini memperbolehkan pembelajaran tatap muka di sekolah mulai 2020/2021.

"Pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, kanwil atau kantor Kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawah kewenangannya," kata Nadiem Makarim.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pendidikan menyambut baik dan optimis bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka pada Januari 2021 bisa dimulai. 

"Dinas Pendidikan sudah menyusun skema dan teknis penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis, Sabtu (21/10/2020) malam.

Skema ini dipersiapkan untuk semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP bahkan lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Kemenag dan KCD SMA/SMK Kabupaten Bogor.

“Kami sudah siap melakukan pembelajaran tatap muka," ujar Entis.

Baca juga: Dari Sekedar Ngopi Hingga Mancing, Kini Situ Cibinong Bogor Jadi Tempat Liburan Keluarga Warga Bogor

Pemkab Bogor juga mengintruksikan kepada seluruh sekolah untuk mempersiapkan secara teknis sarana dan prasarana yang dibutuhkan atau harus disiapkan dalam melaksanakan KBM tatap muka. 

Selain itu, dalam rangka memaksimalkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka, Pemkab Bogor juga telah menyiapkan sistem monitoring dan evaluasi teknis pola mengajar bagi tenaga pendidik, kependidikan hingga peserta didik.

“Kami menyiapkan sistem monitoring dan evaluasi sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19,” pungkas Entis.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved