Breaking News:

Wagub DKI Sebut Penurunan Baliho Tak Berizin Kewajiban Satpol PP

Penertiban baliho tak berizin dilakukan demi mewujudkan Jakarta bersih dan teratur yang telah diatur dalam Perda Nomor 8 tahun 2007.

Warta Kota/Andika Panduwinata
Ratusan personel gabungan terdiri dari Satpol PP, Polri dan TNI diterjunkan untuk menertibkan reklame, baliho dan spanduk liar yang tidak memiliki izin. Reklame dan baliho liar itu bertebaran di wilayah Kecamatan Pasar Kemis dan Sidang Jaya, Kabupaten Tangerang. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Satpol PP DKI Jakarta berjanji bakal melibatkan Polri dan TNI untuk menurunkan baliho Front Pembela Islam (FPI) yang ada di fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos dan fasum) di Ibu Kota. Dengan catatan, bila yang bersangkutan tidak segera menurunkan sendiri baliho tersebut.

“Tentu kami berharap semua baliho-baliho itu diturunkan oleh mereka yang memasang. Apabila tidak diturunkan yah kami akan turunkan, tentu bersama dengan aparat keamanan yang terkait TNI-Polri,” kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin pada Jumat (20/11/2020).

Arifin mengatakan, penertiban baliho tak berizin dilakukan demi mewujudkan Jakarta bersih dan teratur. Apalagi hal itu telah diatur dalam Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. “(Kecuali) di ruang private (pribadi), karena kalau ruang publik tentu harus ada aturannya,” ujar Arifin.

Hingga kini, kata dia, petugas masih bergerak ke lapangan untuk mendeteksi baliho-baliho tersebut. Namun dia kembali berharap, agar pemiliknya dapat segera menurunkan baliho itu sendiri.

Baca juga: UMK Kabupapten Bekasi Naik 6,51 Persen atau Ada Kenaikan Rp 292.882

Baca juga: Presiden Jokowi Hadiri KTT APEC 2020 Secara Virtual dari Istana Bogor

“Ya kami berharap secepatnya untuk bisa diturunkan juga seperti itu, karena sudah banyak juga baliho yang mau jatuh dan sebagainya. Ini takut membahayakan jadi sebaiknya tadi yang saya katakan yang memasang ini untuk bisa melepaskan baliho itu,” tegas Arifin.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, pencopotan baliho liar atau segala yang berkaitan dengan ketertiban umum merupakan ranah Satpol PP. Sebab mereka bertugas menegakkan regulasi yang dikeluarkan pemerintah daerah berbentuk Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Gubernur (Pergub) dan sebagainya.

“Itu sudah kewajiban Satpol PP menjga ketentraman, kenyamanan dan ketertiban. Jadi Jakarta ini harus dijaga indah,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat (20/11/2020).

“Jangankan baliho, bendera atau spanduk. Reklame saja yang besar yang kuat, kalau ditemukan tidak sesuai dengan peruntukannya pasti diturunkan,” tambah politisi Partai Gerindra ini.

Hal itu dikatakan Ariza untuk menanggapi adanya penurunan baliho Front Pembela Islam (FPI) bergambar Habib Rizieq Shihab pada Kamis (19/11/2020). Baliho yang berada di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat itu diturunkan oleh anggota TNI.

“Spanduk, baliho atau apapun yang ada di Kota Jakarta yang tidak sesuai dengan peruntukannya, titik-titiknya pasti akan ditertibkan. Secara rutin Satpol PP itu membantu menertibkan spanduk, baliho, bendera termasuk atribut partai,” jelas Ariza.

Baca juga: Ahmad Riza Patria: DKI Kaji Pembukaan KBM di Sekolah pada Semester Genap 2020/2021

Baca juga: Haris Azhar Didesak Bisa Pulangkan Benny Tabalujan

Menurutnya, pemerintah daerah telah membuat aturan dan ketentuan mengenai titik-titik yang dapat dipakai untuk penempatan baliho. Namun Ariza tidak merinci aturan tersebut.

“Sudah ada ketentuan aturannya di mana saja yang dibolehkan untuk baliho, bendera, spanduk dan reklame. Itu sudah diatur jalur-jalur di mana diperbolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan,” ungkap Ariza.

Sebelumnya, Satpol PP DKI Jakarta berjanji bakal melibatkan Polri dan TNI untuk menurunkan baliho Front Pembela Islam (FPI) yang ada di fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos dan fasum) di Ibu Kota. Dengan catatan, bila yang bersangkutan tidak segera menurunkan sendiri baliho tersebut.

“Tentu kami berharap semua baliho-baliho itu diturunkan oleh mereka yang memasang. Apabila tidak diturunkan yah kami akan turunkan, tentu bersama dengan aparat keamanan yang terkait TNI-Polri,” kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin pada Jumat (20/11/2020).

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved