Breaking News:

Berita Jakarta

Antisipasi Longsor, SDA Kecamatan Ciracas Jakarta Timur Bangun Turap di Komplek Hankam

Dua saluran di Komplek Hankam, Jalan Jambu GG Dukuh RT 002/RW 03 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, dibangun turap.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pembangunan turap saluran air di Komplek HankamJalan Jambu GG Dukuh RT 002/RW 03 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, untuk mencegah tanah longsor di banjir, Jumat (20/11/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIRACAS - Dua saluran di Komplek Hankam, Jalan Jambu GG Dukuh RT 002/RW 03 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, dibangun turap.

Pembangunan turap itu untuk mengantisipasi longsor.

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Ciracas, Sarkam mengatakan, ada dua saluran yang dibuatkan turap sebagai upaya mengantisipasi longsor saat hujan deras.

"Turap dibuat untuk menahan tanah jika saat hujan deras agar tidak tergerus oleh air dan menjadi longsor,” ujarnya, Jumat (20/11/2020). 

Sarkam mengatakan, untuk turap yang pertama dibangun berukuran panjang 75 meter, tinggi turap 170 sentimeter, dan tinggi kaki turap 50 sentimeter. 

Baca juga: Polisi sebut Bakal Ada Tersangka Longsornya Tanah di Perumahan Elit Melati Residence Jagakarsa

Baca juga: Awas, Sejumlah Tebing Turap di Wilayah Tangsel Rawan Longsor Paling Banyak di Kecamatan Setu

Baca juga: Diguyur Hujan Deras, Turap Kali Cipinang di Ciracas Longsor

Sementara itu, untuk turap saluran kedua yang dibangun berukuran tinggi 80 sentimeter dan kaki turap 40 sentimeter dengan panjang 14 meter. 

Untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, maka sebanyak 15 anggota satgas Sumber Daya Air Kecamatan Ciracas dikerahkan dalam upaya proses pembuatan kedua turap. 

"Kami akan percepat pengerjaan dengan target paling cepat akhir bulan. Apabila cuaca tidak hujan, pengerjaannya bisa lebih mudah," ujarnya. 

Sarkam menambahkan, apabila pembangunan itu rampung dan bisa mencapai target, maka turap tersebut dapat berfungsi  maksimal ketika hujan deras melanda wilayah itu.  

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved