Breaking News:

VIDEO Sepeda Motor Wajib Uji Emisi untuk Perpanjang STNK, Rencana Diberlakukan Tahun 2021

Rencananya pada tahun 2021 hasil uji emisi kendaraan menjadi syarat perpanjangan STNK dan biaya parkir di DKI Jakarta.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Sejumlah pengemudi ojek online mengikuti uji emisi kendaraan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kawasan Kramat Jati, Jakarta, Kamis (19/11/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Rencananya pada tahun 2021 hasil uji emisi kendaraan menjadi syarat perpanjangan STNK dan biaya parkir di DKI Jakarta.

Kendaraan bermotor juga wajib menjalani emisi sekurang-kurangnya setiap enam bulan.

Sedangkan kendaraan yang lulus uji emisi akan mendapat tanda lulus uji emisi dan akan mendorong masyarakat memeriksakan secara rutin emisi kendaraannya di bengkel.

Untuk mensosialisasi rencana tersebut Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kawasan Kramat Jati, Jakarta menggelar uji emisi gratis untuk sejumlah pengemudi ojek online, Kamis (19/11/2020).

Uji emisi yang diberlakukan secara gratis yang rutin digelar setiap Selasa dan Kamis tersebut diadakan hingga bulan Desember 2020 untuk mendukung terealisasinya Jakarta Langit Biru.

Juga sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan pihaknya berharap uji emisi menjadi salah satu persyaratan untuk memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau pajak kendaraannya.

Baca juga: Warga Cipondoh Resah Pencurian Sepeda Motor Kian Marak

Hal itu dikemukakannya untuk menghindari oknum yang dinilainya kerap memalsukan stiker lolos uji emisi yang menyebabkan banyak masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan.

"Jadi nantinya uji emisi menjadi pra syarat perpanjangan pajak kendaraan bermotor," kata Isnawa usai kegiatan Uji Emisi Massal di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/12).

Baca juga: Spesialis Perampas Sepeda Motor Ojek Pangkalan di Jaksel dan Jaktim Dibekuk di Pulogadung

Program tersebut dilakukan Dinas LH yang bekerjasama dengan Dishub dan Samsat BPKD yang nantinya akan dikoneksikan sehingga tak ada kendaraan roda empat yang tidak melakukan uji emisi.

Halaman
12
Penulis: Herudin
Editor: Murtopo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved