Breaking News:

VIDEO KPU Kabupaten Karawang Mulai Melakukan Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang mulai melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara Pilkada 2020 di GOR Panatayudha.

Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Tenaga profesional yang dilibatkan oleh KPU Karawang mulai melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara Pilkada 2020. Kamis (19/11/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM-KARAWANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang mulai melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara Pilkada 2020 di GOR Panatayudha, Kamis (19/11/2020).

Pantauan Wartakotalive.com lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara dijaga ketat oleh pihak Kepolisian dari Polres Karawang, polisi bersenjata lengkap itu pun berjaga di pintu masuk lokasi pelipatan dan penyortiran.

Setiap orang yang akan masuk ke lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara dilakukan pemeriksaan secara ketat dengan mengunakan metal detektor, bahkan mereka juga diwajibkan mengisi daftar tamu yang telah disediakan di depan pintu masuk.

Mereka yang akan masuk ke dalam juga melalui pemeriksaan protokol kesehatan secara ketat baik itu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, hingga diberikan hand sanitizer sebagai salah satu langkah pencegahan Covid-19.

Didalam area tempat penyortiran dan pelipatan surat suara, terlihat setiap orang berdiri diatas meja yang telah disediakan, mereka nampak sibuk menyoroti satu persatu surat suara.

Setelah proses penyortiran dan pelipatan surat suara dilakukan, lalu surat suara yang telah selesai tersebut ditempatkan ke satu box yang telah disediakan oleh panitia.

Baca juga: KPU Karawang Libatkan Tenaga Profesional dalam Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara

"Setelah kemarin kita menerima surat suara dari perusahaan yang telah kita tunjuk, maka pada hari ini kita mulai untuk sortir dan lipat surat suara," kata Komisioner KPU Karawang, Kasum Sanjaya ditemui, Kamis (19/11/2020).

Dikatakan Kasum, jika dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara pihaknya melibatkan tenaga profesional, hal ini karena Pilkada tinggal hitungan hari lagi, sehingga perlu kecepatan dan keakuratan dalam proses pelipatan dan penyortiran.

Baca juga: Sudah Ahli dan Pernah di KPU Tangsel, 30 Orang Ini Dipercaya Melipat Surat Suara Pilkada Karawang

Ada sebanyak 20 tenaga profesional penyortiran dan pelipatan yang dilibatkan dalam kegiatan itu, mereka juga diawasi ketat oleh pengawas baik itu dari KPU dan Bawaslu Karawang.

"Pada Pilkada 2020 kami di Kabupaten Karawang karena pilkada tinggal hanya beberapa hari lagi, kita mengunakan tenaga profesional. Jadi kita mengunakan 20 petugas sortir," katanya.

Baca juga: Amankan Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilkada Karawang, Puluhan Personil Polri Diterjunkan

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada Karawang ini akan dilakukan selama 5 hari kedepan, setelah proses penyortiran dan pelipatan selesai, pihak penyelenggara kembali menghitung untuk memastikan jumlah surat suara sebelum dikirimkan ke Kecamatan.

Hal ini bertujuan agar jumlah surat suara tidak terjadi selisih. Kasum juga menjelaskan jika pihaknya tidak membatasi jumlah penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan tenaga ahli itu.

"Mereka itu kita tidak membatasi, jadi sejauh mereka melaksanakan  sortir lipat kita dan Bawaslu serta kepolisian mengawasi," ucapnya. (JOS).

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved