Breaking News:

Kesehatan

PT Ajinomoto Indonesia Gelar Webinar Kesehatan, Ini Cara Mencegah Hipertensi pada Ibu Hamil

Ada beberapa cara untuk mencegah hipertensi dalam kehamilan, serta meningkatkan imunitas ibu dan janin yang dikandungnya.

Huffington Post
ILUSTRASI Hipertensi pada ibu hamil. Bagaimana cara mencegahnya? 

"Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya sayur dan ikan mengurangi kemungkinan terkena hipertensi gestasional sebesar 14% dan pre-eklamsia sebesar 21%..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Faktanya, hingga kini hipertensi masih berpotensi terjadi pada ibu hamil.

Angka kejadian pre-eklamsia atau hipertensi pada kehamilan sebenarnya lebih tinggi di negara berkembang seperti Indonesia yang persentasenya mencapai sekitar 7 - 10%.

Demikian dikatakan Dr Toto Sudargo SKM., M.Kes, Kepala Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM) saat menjadi pembicara pada salah satu webinar dari serangkaian event yang digelar PT Ajinomoto Indonesia pada akhir Oktober 2020 hingga Februari 2021. 

Ajinomoto bekerja sama dengan Gizi Kebugaran Indonesia menggelar Webinar Event: 'Peran Gizi Sebagai Langkah Pengendalian Hipertensi dan Menjaga Kekebalan Tubuh dalam Kehamilan', sebagai upaya mendukung ibu agar tetap sehat dengan menyebarluaskan fakta informatif tentang Bumbu Umami dan Monosodium Glutamat (MSG) di  tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Alternatif Pengganti Garam Bagi Penderita Hipertensi dan Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Baca juga: Penderita Hipertensi Tak Tahu Dirinya Mempunyai Hipertensi sehingga Tak Diobati, Ini Hasil Survei

Cara mencegah 

Menurut Dr Toto Sudargo, dalam webinar yang diikuti 311 orang dan sebagian besar berprofesi sebagai bidan dan mahasiswi kebidanan tersebut, mengontrol asupan kalori dan nutrisi lainnya sangat penting untuk mencegah risiko hipertensi pada kehamilan.

Ada beberapa cara untuk mencegah hipertensi dalam kehamilan, serta meningkatkan imunitas ibu dan janin yang dikandungnya.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang memperbanyak sayuran dan ikan, dan strategi diet rendah garam.

"Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya sayur dan ikan mengurangi kemungkinan terkena hipertensi gestasional sebesar 14% dan pre-eklamsia sebesar 21%," ujarnya.

Baca juga: PESAN DOKTER REISA untuk Penderita Hipertensi, Diabetes dan Penyakit Komorbid

Baca juga: Awas Silent Killer, Waspadai Hiperkolesterol dan Hipertensi setelah Lebaran

Lalu, lanjutnya, dengan melakukan diet rendah garam tentunya juga dapat menurunkan risiko hipertensi pada kehamilan.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved