Breaking News:

Info Kementerian

PDB Pertanian Kontributor Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Nasional, PB PMII Puji Kinerja Mentan SYL

Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian pada kuartal II menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Editor: Fred Mahatma TIS
Istimewa
Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Wasekjen PB PMII) Muhammad Nur memberi apresiasi terhadap kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasir Limpo (Mentan SYL) menyusul pencapaian sektor pertanian sebagai penyumbang terbesar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Adanya pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan di hampir semua sektor perekonomian.

Namun, tak demikian yang terjadi pada sektor pertanian.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian pada kuartal II menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yaitu sebesar 16,24% (q to q) dan pada Kuartal III tetap tumbuh sebesar 2,15 persen (y-on-y) atau sebesar 1,01 persen (q-to-q).

Selanjutnya, BPS pun baru-baru ini mencatat nilai ekspor pertanian pada bulan Oktober 2020 mengalami pertumbuhan positif, yakni sebesar USD 0,42 miliar atau tumbuh 1,26 persen (m to m) jika dibandingkan pada bulan sebelumnya.

Secara YoY pun, ekspor sektor pertanian tumbuh 23,80 persen.

Baca juga: Satu Tahun Kinerja Kementan, Ini Tiga Catatan Guru Besar IPB

Baca juga: Kementan Setujui Penambahan Pupuk Bersubsidi untuk Karawang Sebanyak 25.893 Ton

Apresiasi

Tentang hal ini, Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Wasekjen PB PMII), Muhammad Nur memberi apresiasi terhadap kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasir Limpo (Mentan SYL).

Kebijakan dan program terobosan sektor pertanian yang fokus pada peningkatan produksi dan ekspor melalui bantuan penerapan teknologi pertanian modern, benih unggul, asuransi pertanian dan fasilitas kredit usaha rakyat menjadikan pertanian dalam tantangan apapun tangguh.

"Padahal saat ini kita masih dalam situasi pandemi, tetapi sektor pertanian kita mampu bertahan. Jadi, saya kira ini patut kita apresiasi," tutur Wasekjend PB PMII Muhammad Nur di Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Baca juga: Mendes PDTT: Agro Industri Adalah Bagian Penting Kekuatan di Sektor Pertanian dan Ketahanan Pangan

Menurutnya, pertanian adalah salah satu sektor yang strategis yang bisa menyelamatkan ekonomi bangsa saat ini. Sebagai salah satu sektor strategis, maka sudah semestinya yang mengurusinya adalah orang yang punya komitmen dengan pertanian.

“Dan, ini terlihat pada sosok SYL. Dari awal beliau menjadi Menteri Pertanian, sudah menunjukkan komitmen untuk memajukan sektor pertanian," tutur Muhammad Nur.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved