Berita Tangerang

Kampung Rawalini Teluknaga Jadi Pusat Gerakan Tanaman Hortikultura di Kabupaten Tangerang

Kampung Rawalini RT 05/ RW 07 Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, menjadi pusat gerakan tanaman hortikultura.

Warta Kota/Andika Panduwinata
Kampung Rawalini RT 05/ RW 07 Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, menjadi pusat gerakan tanaman hortikultura, Rabu (18/11/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, TELUKNAGA - Kampung Rawalini RT 05/ RW 07 Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, menjadi pusat gerakan tanaman hortikultura.

Gerakan menanam tanaman jenis hortikultura serentak diselenggarakan oleh perempuan tani bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di daerah masing-masing di Indonesia. 

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengapresiasi  kepada semua pihak yang telah memprakarsai terselenggaranya kegiatan tanam serentak ini.

"Saya berharap kedepan kegiatan seperti ini bisa terus digalakkan di berbagai wilayah dan pelosok Nusantara," ucap Mad Romli, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Pertamina Gulirkan Modal Kemitraan Bagi 38 Petani Hortikultura

Baca juga: Panen Raya Hortikultura Upaya Memperkuat Ketahanan Pangan Nasional Menghadapi Pandemi Virus Corona

Penyerahan tanaman hortikultura di Kampung Rawalini RT 05/ RW 07 Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, sebagai tanda gerakan tanaman hortikultura, Rabu (18/11/2020).
Penyerahan tanaman hortikultura di Kampung Rawalini RT 05/ RW 07 Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, sebagai tanda gerakan tanaman hortikultura, Rabu (18/11/2020). (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Harapannya, kegiatan itu bisa mewujudkan lingkungan hidup sehat, bersih dan sejahtera bagi masyarakat dan anak cucu pada masa mendatang.

Dia menjelaskan, upaya pemenuhan pangan kini bisa dilakukan sampai pada tingkat keluarga melalui program pekarangan pangan lestari.

Warga dapat memanfaatkan lahan kosong atau  pekarangan rumah untuk ditanami komoditas sayuran daun dan buah

Kegiatan bercocok tanam itu menjadi produk pangan dan bisa membantu perekonomian keluarga.

"Semoga program-program yang telah diluncurkan dapat berjalan dengan baik dan dapat berlangsung secara berkesinambungan."

"Selain dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh petani dan masyarakat, namun juga dapat menggerakkan roda perekonomian, menjaga inflasi pangan, dan turut memajukan pembangunan pertanian yang ada di Kabupaten Tangerang," ucapnya.

Baca juga: Serikat Petani Harap Pemerintah Serap Komoditas Hortikultura Seperti Cabai

Baca juga: Pemerintah Diminta untuk Mengurangi Impor Produk Hortikultura

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, Dian Novita Susanto mengatakan bahwa gerakan ini terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Pertanian RI.

Dia menyarankan, HKTI ini dapat terus membina dan membimbing petani perempuan di setiap daerah.

Khususnya di Kabupaten Tangerang agar bisa membantu ekonomi masyarakat pada masa pandemi virus corona atau Covid-19.

“Hari ini kita menanam bibit holtikultura seperti bibit terong, bibit cabai, serta bibit jagung dan lainnya," kata Dian.

Dian berharap, perempuan dapat memanfaatkan lahan pekarangan di rumah masing-masing dan hasilnya bisa membantu ekonomi keluarga pada masa sulit.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved