Breaking News:

Berita Bekasi

Waduh, Tidak Hanya Patok Tarif Jalan Layang, Lajur Bawah Tol Jakarta Cikampek Juga Ikut Mahal

Waduh, Tidak Hanya Patok Tarif Jalan Layang, Lajur Bawah Tol Jakarta Cikampek Juga Ikut Mahal. Berikut Alasannya Lengkapnya

Istimewa
Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Jasa Marga menerapkan tarif terintegrasi, antara Tol Jakarta Cikampek (Japek) Elevated atau Tol Layang dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (bawah).

Akibat penerapan itu, tarif Tol Japek bawah ditetapkan naik sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan
histori dari pemberlakuan sistem pengoperasian secara terintegrasi ini bermula dari kondisi sebelum dibangunnya Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Tol Layang.

Kapasitas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah sudah sangat padat. Di beberapa segmen seperti di segmen Cikunir–Bekasi Barat, perbandingan antara volume mobil dengan kapasitas jalan (V/C ratio) sudah mencapai 1,0.

Maka itu dengan kondisi ini Jasa Marga memprakarsai pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated pada tahun 2017 dan rampung serta dioperasikan tanpa tarif sejak 15 Desember 2019 hingga saat ini.

“Dengan adanya Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated permasalahan terpecahkan. Adanya penambahan kapasitas dari 4 lajur menjadi 6 lajur mempengaruhi kelancaran keseluruhan ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek,"kata Heru, pada Selasa (17/11/2020).

Baca juga: Pesan Mendalam Gus Miftah Ketika Mengislamkan Audur Linda, Singgung Kondisi Umat Islam Saat Ini

Heru menerangkan pendistribusian kapasitas di Jakarta-Cikampek karena adanya pemisahan perjalanan jarak jauh dan jarak dekat tersebut.

Hal itu dijelaskannya mempengaruhi peningkatan kecepatan rata-rata yang saat ini dirasakan oleh seluruh pengguna jalan, baik jarak jauh maupun jarak pendek.

Baca juga: Pemufakatan Jahat Aoki Vera Terbongkar, Serang Anies dan Habib Rizieq hingga Singgung Jusuf Kalla

Saat ini secara keseluruhan, Heru menjelaskan, dari data terlihat adanya penurunan V/C ratio untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah, salah satunya di segmen Cikunir Bekasi Barat yang semula 1,0 saat ini hanya sekitar 0,7.

Tidak hanya itu, terjadi penurunan signifikan untuk rata-rata V/C ratio di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang semula 0,8 menjadi 0,5.

Baca juga: Dibully Usai Rencana Jahatnya untuk Anies dan Habib Rizieq Terbongkar, Aoki Vera Bakal Klarifikasi

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved